Pendidikan

Mengenal Closed House Jurusan Peternakan Universitas Lampung

Bandar Lampung, www.lampungmediaonline.com – Jurusan Peternakan merupakan salah satu dari sepuluh jurusan yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Lampung yang memiliki gedung sendiri yang terbilang cukup jauh dari Dekanat Fakultas pertanian sehingga membuat jurusan Peternakan seperti menyendiri jika dibandingkan dengan jurusan lainnya, (9/9/21).

Dimas Trifebrila, Mahasiswa Jurusan Peternakan, sekaligus Duta Petani Milenial Republik Indonesia mengatakan” Hal tersebut justru menjadi nilai lebih bagi Jurusan Peternakan, sebab dengan kondisi tersebut Jurusan Peternakan dapat membangun fasilitas penunjang kegiatan Praktikum Mahasiswa seperti kandang sapi Kambing dan Kandang Ayam closed house yang merupakan hasil kerjasama antara pokphand dengan fakultas pertanianpertanian,”.

Lanjut Dimas “Closed house merupakan sistem perkandangan tertutup yang sudah termasuk dalam kategori kandang modern sebab segala sesuatu di dalamnya sudah otomatis dan dapat diatur sesuai kebutuhan ternak guna menunjang pertumbuhan ternak agar mendapat hasil yang maksimal, serta meminimalisir kontak ternak dengan organisme lain sehingga menekan tingkat stress dan penyebaran penyakit pada ternak,” jelasnya.

senanda Diimas dengan hadirnya closed house di jurusan peternakan jelas sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena mahasiswa tidak hanya mendapat teori dari dosen tetapi mahasiswa dapat belajar secara langsung terkait manajemen closed house dengan menggunakan teori yang sudah diberikan, selain itu closed house juga dapat menjadi tempat penelitian bagi dosen dan mahasiswa sehingga akan banyak sekali keuntungan yang di dapatkan apabila dapat memaksimalkan pemanfaatan closed house tersebut, tambahnya.

Dilansir dari fpunila.ac.id dekan fakultas pertanian Bapak Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si menuturkan bahwa “Ini sejalan dengan program pemerintah kampus merdeka dan merdeka belajar. Teaching farm closed house ini nanti bisa menjadi sarana bagi para mahasiswa dalam menjalankan aktivitas belajarnya.

Agar nantinya lulusan jurusan peternakan memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri peternakan,” ucap beliau saat penandatanganan MoU dengan pihak Pokphand. Dr. Honaris Causa Tju Thomas Effendy, SE., MBA., selaku Presiden Direkrut PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk juga berharap teaching farm closed house ini bisa dimanfaatkan secara maksimal, dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa sebagai media sarana penelitian dan pembelajaran.

Dengan adanya fasilitas yang sangat mendukung proses pembelajaran di jurusan peternakan, bukan tidak mungkin kedepannya lulusan yang dihasilkan oleh Jurusan. Peternakan memiliki kualitas yang sangat mumpuni untuk langsung terjun ke dalam dunia pekerjaan maupun menjadi Wirausahawan.

Semoga mahasiswa dan dosen dapat selalu bekerjasama dalam mewujudkan visi jurusan peternakan untuk menjadi jurusan peternakan terbaik kelima di Indonesia pada tahun 2025 dan visi fakultas pertanian untuk menjadi top 5 Fakultas pertanian terbaik di Indonesia tahun 2025.

Saya berharap agar generasi Milenial dan Generasi-z tidak takut untuk bermimpi menjadi peternak. Jangan takut dan ragu untuk terjun dalam sektor peternakan. Beternak itu menjanjikan dan menguntungkan.Apalagi ditambah dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti startup akan semakin menjanjikan tentunya,” tegas Dimas.

“Jumlah startup Peternakan yang semakin bertambah dan meningkat, membuktikan bahwa sektor peternakan termasuk di dalamnya adalah sektor yang punya peluang besar untuk usaha dan menandakan regenerasi peternak sedang berjalan,” Pesannya.(wil)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top