Uncategorized

Maraknya Pembegalan, Kapolres Memberikan Perhatian Khusus

Tanggamus, www.lampungmediaonline.com – Maraknya aksi pembegalan di wilayah hukum Kabupaten Tanggamus-Pringsewu ternyata mendapatkan perhatian khusus dari Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili.
Mantan Kapolres Sumba Timur Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) itu berpendapat jika persoalan begal merupakan masalah yang kompleks. Kebanyakan pelaku begal dilatarbelakangi permasalahan seputar ekonomi,pendidikan,sosial dan agama.
“Sangat diperlukan dukungan semua pihak untuk menyelesaikan persoalan ini,bukan hanya pihak kepolisian,”kata Alfis Suhaili.
Polisi,lanjut Alfis bertugas melakukan penindakan setelah terjadinya aksi.Namun,persoalan utama yang semestinya disoroti dengan serius adalah motif dari permasalahan itu sendiri.
Diterangkan Alfis,pokok permasalahan terdapat di hulu yakni,motif yang melatarbelakangi suatu tindakan itu terjadi.Sedangkan selama ini,perhatian masyarakat selalu tertuju setelah adanya aksi,yang merupakan persoalan hilir.
“Kenapa mereka melakukan begal ? Kenapa mereka mau jadi pembegal ? Saya pernah bertanya dengan mereka,tapi jawaban mereka adalah kurangnya lapangan perkerjaan untuk menutupi kebutuhan.Kalau kebutuhan mereka terpenuhi mereka katakan tidak akan mau jadi begal,”terang Alfis.
Menurut Alfis,apabila persoalan yang ada di hulu tidak diselesaikan,maka aksi serupa akan selalu terus terjadi dan tidak akan pernah selesai.”Tugas kami memadamkan api,padahal api itu terus ada,”ujar Alfis.
Meski baru menjabat Kapolres Tanggamus selama dua pekan,berbagai upaya dilakukan Alfis untuk meredam aksi begal yang kian meresahkan masyarakat.”Kami selalu melakukan evaluasi secara rutin,apabila ada laporan dari masyarakat maka kami akan merespon laporan tersebut dengan cepat dan akan langsung kami tindak,selain itu ada babinkamtibmas dan kami juga siagakan patroli polisi berseragam ditiap lokasi yang dianggap rawan,”ungkap Alfis.
Kedepannya,pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan lintas satker agar dapat menekan aksi begal di wilayah hukum Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu.”Ya,kedepannya kita akan berkoordinasi dan melibatkan berbagai sektor untuk mengatasi begal,kita akan tindak mulai dari hulu sampai ke hilir,”pungkas Alfis.(man)
BACA JUGA:  Merasa Di Fitnah,DPC AWPI Kota Metro Lapor Polisi

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top