Geliat Lambar

LPPD 2015 Lambar Raih Peringkat Pertama

Bandar Lampung, lampungmediaonline.com –  Pemerintah Kabupaten Lampung Barat kembali meraih posisi peringkat I se-Provinsi Lampung dalam penilaian evaluasi laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) tahun 2015, dengan perolehan nilai 3,5009.  Hasil tersebut berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan Tim Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pusat yang dilaksanakan di ruang rapat Assisten Sekertaris Daerah Provinsi Lampung, Selasa-Jumat (11-14/10) .

Berdasarkan informasi dari Kabag Tata Pemerintahan Sekertariat Pemkab Lambar Yudha Setiawan, S.Ip mengatakan,  dalam ekspos yang disampaikan oleh Ketua Tim Evaluator dari Kemendagri Yasoaro Zai M.S.i didampingi Kepala Biro Otonomi Daerah Chandri, S.H dan dihadiri oleh seluruh tim penyusun LPPD kabupten/ kota se-Provinsi Lampung,  bahwa Kabupaten Lambar kembali meraih peraingkat I LPPD tahun 2015. Penilaian tersebut merupakan capaian Kabupaten Lampung Barat yang ke 3 kali berturut turut pada peringkat pertama setelah sebelumnya yaitu LPPD tahun 2013 dan 2014.

Dalam pencapaian tersebut merupakan hasil kerja seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dikoordinasikan oleh Bagian Pemerintahan Setdakab Lambar, ujar Yudanya.

Selanjutnya atas hasil tersebut, pihaknya mengucapkan  terima kasih kepada seluruh SKPD atas dukungan dan peran sertanya sehingga menjadikan Lampung Barat berhasil meraih peringkat pertama dalam penilaian LPPD tahun 2015. Hasil tersebut merupakan kado untuk pemerintah lampung barat yang pada tahun ini genap berusia genap 25 tahun .

BACA JUGA:  PKBI Lampung Barat Gelar Diskusi Kesehatan Reproduksi Remaja

Hasil capaian ini tidak terlepas dari arahan dan motivasi dari bapak bupati dan sekertaris kabupaten (sekkab) serta seluruh tim, sehingga menjadikan Lampung Barat tiga tahun berturut turut memperoleh peringkat pertama se-Provinsi Lampung, ucapnya.

Disampaikanya juga bahwa, penilaian LPPD ini merupakan penilaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang dilaksanakan terhadap provinsi dan kabupaten/kota secara nasional yang dilakukan oleh tim pemerintah pusat yang terdiri dari Kemendagri dan BPKP pusat. Untuk  evaluasi awal telah dilaksanakan oleh tim daerah yang terdiri dari Biro Otonomi Daerah Setdaprov. Lampung, Inspektorat Provinsi dan BPKP wilayah Lampung.

Hasil evaluasi di tingkat provinsi ini selanjutnya akan dibawa ke pusat untuk dilakukan verifikasi peringkat secara nasional dan peringkatnya nanti ditetapkan melalui surat keputusan Mendagri. Semoga kedepan Lambar akan kembali meraih peringkat I LPPd”, harapnya.

Sementara itu saat di konfirnasi Sekertaris Kabupaten Hi.Nirlan, S.H, M.M mengatakan, Kabupaten Lambar telah tiga kali berturut-turut meraih peringkat 1 LPPD tingkat Provinsi Lampung, dan ini merupakan prestasi yang membanggakan.

BACA JUGA:  Divisi Hukum PM-MH, Sayangkan Pernyataan Ketua Panwaskab Lambar Yang Di Nilai Tidak Paham Mekanisme

“Harapan saya dengan diraihnya prestasi tersebut dapat memacu dan memotivasi seluruh  SKPD agar kedepan prestasi yang telah diraih itu lebih ditingkatkan lagi dan dipertahankan karena itu sebagai bentuk keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah. Apalagi tahun lalu, secara nasional Kabupaten Lambar meraih peringkat 30 jadi diharapkan kedepan lebih ditingkatkan”, ujar sekda.

Sekadar diketahui, berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan Tim Kementerian Dalam Negeri dan BPKP pusat yang dilaksanakan pada Selasa-Jumat (11-14/10)  di ruang rapat Asisisten Sekertaris Daerah Provinsi Lampung. Kabupaten Lambar meraih peringkat 1 LPPD dengan perolehan skor nilai 3,5009 (prestasi ST), peringkat kedua diraih Kota Metro dengan skor nilai 3,3886 (prestasi ST), peringkat III diraih Kota Bandarlampung dengan skor nilai 3,3053 (prestasi ST), Kabupaten Lampung Utara meraih peringkat IV skor nilai 3,2726 (prestasi ST), Kabupaten Tulang Bawang Barat berada diposisi V dengan skor nilai 3,2122 (prestasi ST).

Kemudian, Kabupaten Lampung Timur peringkat VI dengan skor nilai 3,1469 (prestasi ST), Kabupaten Tanggamus peringkat VII dengan skor nilai 3.1467 (prestasi ST), Kabupaten Lampung Selatan meraih peringkat VIII dengan skor nilai 3,1012 (prestasi ST), Kabupaten Tulang Bawang berada diposisi peringkat IX dengan skor nilai 3,0778 (Prestasi ST), Kabupaten Pesawaran peringkat X dengan perolehan skor nilai 3,0401 (prestasi ST), Kabupaten Waykanan peringkat XI skor nilai 3,0324 (prestasi ST), serta diperingkat XII diraih Kabupaten Lampung Tengah dengan skor nilai 3,0180 (Prestasi ST). Selanjutnya, peringkat XIII diraih Kabupaten Mesuji dengan skor nilai 2,9847 (prestasi T), dan terakhir Kabupaten Preingsewu meraih peringkat XIIII dengan skor nilai 2,3748 (prestasi T).

BACA JUGA:  Bupati Lambar, Memohon BPK Perwakilan Lampung Menerima LKPD Tahun Anggaran 2020

Ditambahkannya juga bahwa pentingnya LPPD sebagai salah satu indikator pelaksanaan pembangunan di daerah.(trs)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top