Geliat Tanggamus

Lomba Sekolah Sehat – Usaha Kesehatan Sekolah Tingkat Provinsi Lampung

 

Tanggamus,www.lampungmediaonline.com -Kabupaten Tanggamus menggelar Kegiatan dan pengembangan LLS  – UKS tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017.Bertempat di SMK Muhammadiyah Gisting Kabupaten Tanggamus,acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Tanggamus,Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I.Rabu (11/10).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Tanggamus mengatakan,” Dalam kesempatan ini saya atas nama Pemerintah dan masyarakat Tanggamus mengucapkan selamat datang kepada Tim penilai LESS – UKS tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017 di SMK Muhammadiyah Kecamatan Gisting.

Saya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai suatu upaya peningkatan mutu pendidikan sekaligus derajat kesehatan khususnya dilingkungan sekolah. Usaha kesehatan sekolah ini sangat penting karena tidak hanya bermanfaat bagi siswa saja, namun perilaku hidup sehat tersebut dapat dibudayakan hingga kelingkungan keluarga.

Keberhasilan pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS/M) pada akhirnya akan terlihat/tercermin pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dan ini merupakan dampak yang diharapkan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS yang dilakukan secara terpadu oleh 4 Kementrian terkait beserta seluruh jajarannya baik dipusat maupun di daerah.

Adapun landasannya yaitu SKB 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

Fungsi pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Nomer 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan bertanggungjawab.

BACA JUGA:  Pekon Sukaraja Kecamatan Semaka Mendirikan Posko Siaga Covid - 19

Hal ini dilatar belakangi oleh :1. Kualitas SDM ditentukan oleh pendidikan dan kesehatan.2. Jumlah anak usia sekolah cukup besar,tambah kurang 30% dari jumlah penduduk Indonesia. 3. Penyebaran penyakit dilingkungan sekolah Masih tinggi.4. Kesehatan siswa menjadi kondisi yang Sangat mendukung terjadinya pembelajaran yang efektif.5. Anak sekolah berpotensi sebagai agen perubahan untuk menanamkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dilingkungan masing-masing.

Pemerintah Tanggamus melalui dinas Pendidikan dan instansi terkait telah memprogramkan berbagai kegiatan yang mendukung pelaksanaan program LSS – UKS diantaranya adalah pelatihan Dokter Kecil tingkat SD, pelatihan kader kesehatan remaja tingkat SMP dan lomba sekolah sehat tingkat TK,SD,SMP dan SMA, adapun anggaran APBD Tanggamus yang disediakan bagi program-program tersebut.

Harapan kami tentunya apabila berdasarkan hasil penilaian tim nanti bahwa TAK Fransiscus Gisting, SD Negeri I Antar Berak Kecamatan Limau, SMP Negeri 1 Gisting dan SMK Muhammadiyah Gisting ini dianggap layak untuk mendapat juara tingkat Provinsi Lampung dalam LSS-UKS, ini merupakan suatu penghargaan yang tak ternilai bagi kami masyarakat Kabupaten Tanggamus, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan,”pungkas Samsul.

Sambutan Gubernur Lampung, M.Ridho Ficardho yang dibacakan oleh ketua Tim Penilai Ibu Ratna Dewi, MM. ” Sebagaimana diketahui sekolah sehat merupakan salah satu upaya penting dalam pembinaan dan pengevaluasi sejauh mana serta apa yang telah kita lakukan,khususnya di dalam program usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS/M) dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya dan berdampak positif terhadap anak didik dalam rangka mengembangkan kwalitas sumber daya manusia seutuhnya.

BACA JUGA:  DPRD Tanggamus Bentuk Pansus Guna Mengawasi Pilkakon Serentak

Anak didik sebagai bagian dari kelompok masyarakat sekolah merupakan aset bangsa yang sangat berharga dan memiliki makna strategis bagi kemajuan dan kemakmuran bangsa. Komitmen yang tinggi dalam UKS/M diwujutkan melalui Visi UKS/M yaitu,”Anak didik sehat cerdas berkualitas dan berakhlak mulia”. Visi tersebut dijabarkan dalam 2 misi yaitu: 1.Mewujudkan peningkatan derajat kesehatan anak didik melalui pengembangan peran serta masyarakat disekitar sekolah.2. Peningkatan kwalitas anak didik untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.Adapun tujuan umum UKS adalah meningkatnya prestasi belajar anak didik melalui peningkatan derajat kesehatan.Beberapa sasaran usaha kesehatan sekolah yang menjadi target program kita kedepan antara lain:1. Strata UKS/M yang meliputi UKS/M persiapan, UKS/M madya dan UKS/M model.2. Tersedianya konseling kesehatan reproduksi remaja disekolah pemberantasan cacingan dengan pemberian obat cacing pada anak sekolah.

Diharapkan seluruh anak didik/siswa memperoleh jaminan kesehatan melalui ” Dana sehat UKS/M” bekerjasama dengan pelayanan kesehatan terdekat.Melalui kesiapan ini, saya ingin menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Tim pembina UKS tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan tim pelaksana UKS di sekolah serta seluruh forum yang terkait khususnya di Kabupaten Tanggamus atas terselenggaranya kegiatan penilaian ini dan diharapkan dapat lebih meningkatkan pelaksanaan program UKS/M ini karena merupakan program Nasional yang wajib kita laksanakan.

BACA JUGA:  Reog Ponorogo Mengiringi Pendaftara Samsul Hadi dan Nuzul Irsan 

Pada Tahun 2017 ini Provinsi Lampung berhasil meraih juara Nasional ajang lomba LSS – UKS antara lain:1. SD Al-Kautsar Bandar Lampung sebagai juara 1 tingkat Nasional Katagori Best Performance.2. MTS Negeri 2 Bandar Lampung sebagai juara 2 tingkat Nasional Katagori Best Performance.Diakhiri sambutannya dia berharap semoga lomba sekolah sehat usaha kesehatan sekolah/madrasah (LSS-UKS/M) tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017 akan selalu mendapat limpahan Rahmat dan Berkah dari Allah SWT – Tuhan YME, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua dan anggota tim penilai LSS-UKS tingkat Provinsi, Forkopimda Kabupaten Tanggamus, Sekdakab, Staf Ahli, Asisten dan para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Tanggamus, Dewan Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Camat dan Uspika Kecamatan Gisting, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua dan pengurus Darma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus,Kepala UPT Dinas Pendidikan se-Kabupaten Tanggamus,Kepala sekolah yang sekolahnya mewakili Kabupaten Tanggamus dan Dewan guru.(man/*)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top