Geliat Metro

Lima Jabatan Kadis Bakal Dilelang

Metro, www.lampungmediaonline.com – Lima jabatan kepala dinas (Kadis) Pemerintah Kota (Pemkot) Metro bakal jadi rebutan. Seleksi terbuka akan digelar awal 2017 bagi PNS berpangkat eselon II.
Sekretaris Kota Metro Ishak mengatakan, Perda Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tengah menunggu antrean pengesahan di Provinsi. Artinya, sembilan dinas baru dipastikan terbentuk dari total 18 dinas.
“Memang ada sembilan dinas baru. Tapi dari sembilan itu, lima pecahan, empat naik status. Artinya yang baru itu sekitar lima. Nah, ini akan kita seleksi terbuka. Terbuka untuk seluruh PNS di wilayah Lampung,” terangnya, selasa (29/11).
Dijelaskannya, Pemkot Metro sendiri telah melakukan asesmen kepada seluruh pejabat struktural (eselon II dan III). Ini dilakukan untuk bahan evaluasi untuk penempatan pejabat struktural.
“Hasil asesmen sudah final. Kita libatkan Polda Lampung dan UM Metro. Sudah kita laporkan pada pak wali. Dan masih menunggu petunjuk. Pastinya, hasil itu akan menjadi bahan evaluasi untuk penempatan pejabat,” katanya.
Ishak menerangkan, Pemkot Metro akan menempatkan pejabat struktural (eselon II dan III) sesuai Perda OPD. Karena perda baru, maka ada penempatan pejabat kembali yang disesuaikan perda.
“Nah, asesmen tadi, itu untuk menempatkan ke 13 dinas yang lama dan badan atau kantor yang naik status. Untuk dinas yang baru, khusus pejabat eselon II, itu seleksi terbuka. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga ada seleksi terbuka untuk dinas yang sudah ada,” imbuhnya.
Komisi I sepakat dengan adanya seleksi terbuka untuk penempatan pejabat pada setiap satuan kerja yang ada di wilayah Metro.
“Bagus. Tapi, seleksi terbuka harusnya untuk semua jabatan. Termasuk lurah dan kepala sekolah. Dan benar-benar terbuka. Jadi masyarakat tahu track record calon pejabat itu apa. Begitu juga visi misinya,” ujar Basuki, Ketua Komisi I.
Pihaknya juga meminta, agar penempatan pejabat disesuaikan dengan bidang keilmuan yang digeluti. Sehingga pejabat bersangkutan betul-betul paham dan ahli atas apa yang akan dikerjakannya.
“Kan lebih baik, jika latar belakang pendidikannya A, juga ditempatkan ke satker A. Dan utamakan juga pejabat Metro. Kalau memang berkompeten, pengkaderan harus berjalan. Karena yang bersangkutan sudah lebih paham soal Metro, soal masyarakatnya, geodemografisnya, dan lain-lain,” tuntasnya. (rud)
Sementara, Lima Dinas Baru Bakal Dilelang adalah
1. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
2. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
3. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB
4. Dinas Komunikasi dan Informatika
5. Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata
BACA JUGA:  DPP Partai Demokrat Usung H.Djohan, SE., MM Maju di Pilwakot Kota Metro 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top