Geliat Lambar

Lampung Barat Gelar Aksi Nusantara Bersatu

Lampung Barat, www.lampungmediaonline.com – Dalam rangka mempererat persatuan dan kesatuan bangsa yang saat ini seakan terancam dan menjadi isu nasional, Pemerintah Kabupaten Lampung barat menggelar Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Pemkab setempat Rabu (30/11).
Upacara tersebut diikuti beberapa elemen masyarakat mulai dari TNI, POLRI, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan, Komunitas Kesenian Rakyat, Organisasi Kepemudaan, serta Pelajar se-Lambar.
“Insha Allah, apel ini di gelar dan mudah-mudahan memberikan pengaruh positif kepada masyarakat kita, khususnya untuk lebih mempersatu masyarakat secara keseluruhan,” ujar wakil Bupati Lambar Drs. Makmur Azhari saat menghadiri apel aksi Nusantara bersatu yang di gelar di seluruh Indonesia.
Turut hadir dalam aksi tersebut anggota DPRD Lambar, Dandim 0422 Lambar, Letkol INF iskandar M.Han, Kapolres Andy Kemala SIk, Kajari Liwa Alex Rahman SH, Kepala Pengadilan Negeri,Ketua MUI, dan tokoh agama tokoh Masyarakat, Pemuda, dan lainnya.
Dalam kesempatan itu, Makmur Azhari mengatakan, secara teknis akan diselenggarakan beberapa kegiatan dalam Apel Nusantara Bersatu. “Kita tidak menginginkan perpecahan terjadi. Tanpa beragam suku, kepercayaan dan budaya, Bukan Indonesia namanya. Apa lagi kita sering menyebut kalau Kabupaten Lambar adalah Junjungan, maka kita harus bisa buktikan kalau kita merupakan salah satu daerah yang siap menjadi jujungan untuk hidup rukun, aman dan selalu bersama dengan penuh sikap kekeluargaan,” jelas wabup.
Makmur juga menghimbau, kepada unsur pemerintah terkecil di Lambar agar selalu menjaga kerukunan sesama. Mulai dari tingkat kepala lingkungan, Kepala Desa serta mitra kerja lainnya yang ada di desa, agar kiranya dapat melakukan berbagai upaya penguatan kesatuan dan persatuan bangsa di wilayah masing-masing.
“Harus kita yang memulainya, jangan tunggu-tunggu lagi. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan memperhatikan, memfasilitasi dan memperjuangkan keutuhan kesatuan bangsa ini. Kami sangat menekankan aparatur desa berperan aktif untuk ini,” tegas Wabup.
Hal senada juga disampaikan Dandim 0422 Lambar Letkol Inf Iskandar, pihaknya ingin semua masyarakat menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang besar, plural dan menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika dari Pancasila. Mengenai situasi gejolak politik nasional, di Lambar insyaallah aman. “Rasa persatuan dan kesatuan itu, harus dibina dan harus selalu dipelihara, salah satu wujud membina serta memelihara kebhinekaan yakni rasa persatuan juga kesatuan antara lain diwujudkan dengan kegiatan nusantara bersatu ini,” ungkap Dandim.
Dandim juga menjelaskan, persatuan dan kesatuan yang bisa menjadikan Indonesia merdeka dengan Bhinika tunggal Ika. Dia menghimbau kepada pemuda Indonesia khusunya di Lambar supaya tetap menyatukan rasa kesatuan untuk membangun kedamaian di kabupaten kita masing- masing.
” Salah satu cara menghilangkan perbedaan persatuan dan kesatuan adalah peduli terhadap lingkungan kita peduli terhadap korban bencana alam. Kita ketahui Saat ini banyak terjadi bencana alam mari kita bergerak untuk sama meringankan beban saudara yg sedang terkena musibah bencana alam, dengan cara ini kita akan tercapai rasa persaudaraan tanpa adanya Perbedaan.Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bhinika tunggal Ika. tegas Dandim.
Sementara itu, Kapolres Lambar Andy Kemala , S.I.K. dalam kesempatannya memberikan arahan bahwa di Lambar sudah ada tim terpadu penanganan konflik. Kapolres meminta, Babinkamtibmas dan Babinsa bisa menjadi penyelesai konflik dan saling kerjasama deteksi dini. Konflik dapat diatasi dengan kekuasaan dan kehadiran Babinkamtibmas serta Babinsa untuk pendekatan melakukan mediasi.
“Untuk para Babinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa jika ada konflik sekecil apapun dan sedini mungkin agar dilakukan tindakan untuk penyelesaian. Dengan maraknya beberapa konflik di luar daerah, diharapkan peran Babinkamtibmas harus bersinergi dengan intelijen supaya dapat mengantisipasi gejala yang ada di wilayahnya masing-masing diantaranya soal keyakinan/ agama”, tegas Andy.
Anggota intel dan Babinkamtibmas merupakan ujung tombak segala informasi Polri dalam setiap kejadian sehingga adanya suatu penekanan agar para pengemban Babinkamtibmas untuk setara dengan Babinsa berlomba-lomba mencari informasi setiap kejadian, dan harus datang serta menyelesaikan masalah di daerahnya secara tuntas tanpa berbuntut. Bahwa untuk informasi sekecil apapun yang ada di wilayah segera disampaikan kepada pimpinan, dan apabila ada suatu permasalahan agar cepat dilaporkan pula karena hal ini untuk kecepatan dalam penanganannya,” tutup Kapolres.(trs)

BACA JUGA:  Antisipasi Kecurang Pilkada, Golkar Lambar Optimalkan AMPG

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top