Nasional

Korupsi E-KTP, KPK: Pasti Ada Tersangka Baru

Jakarta, www.lampungmediaonline.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami keterlibatan sejumlah pihak dalam kasus dugaan korupsi pengadaan proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Bahkan, tak menutup kemungkinan ditetapkannya tersangka baru dalam waktu dekat ini.
“Kami lagi mengerjakannya dengan sangat hati-hati tapi cepat dan teliti. Jadi sabar sajalah, kalau ada tersangka baru pasti ada, tergantung bukti saja nanti gimana,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif usai mengisi kuliah umum di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2016).
Syarif mengungkapkan, KPK sangat serius dalam menyelesaikan penyidikan kasus dugaan korupsi dalam proyek yang menelan anggaran hingga Rp6 triliun pada 2011–2012. Terlebih lagi total kerugian negara dalam proyek di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mencapai Rp2 triliun.
“Tapi (kita) sangat serius untuk menyelesaikan kasus e-KTP ini, karena memang banyak sekali kerugian negaranya. Jadi, kami ingin tahu sebaik-baiknya,” jelas dia.
Seperti diketahui, dalam mengusut kasus korupsi e-KTP, KPK sudah memeriksa beberapa nama besar, di antaranya mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin; mantan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi; dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo.
Hingga kini KPK baru menetapkan dua tersangka, yakni mantan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Irman; dan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri‎, Sugiharto.
Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo menyebut tak mungkin kerugian yang mencapai Rp2 triliun hanya dinikmati dua orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu. Namun, Agus belum mau membeberkan lebih jauh para penikmat uang korupsi e-KTP ini.(okz)

BACA JUGA:  Kepala BPSDMP Lantik Taruna Penerbang API Banyuwangi

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top