Geliat Metro

Komisi l Pinta Makalah Pimpinan Tinggi Pratama Di Akses Ke Masyarakat

Metro, www.lampungmediaonline.com – Komisi I DPRD Metro meminta makalah sebagai salah satu syarat peserta seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama di wilayah setempat, dapat dibuka dan diakses masyarakat.
Ketua Komisi I DPRD Metro Basuki mengatakan, pihaknya meminta seleksi terbuka tidak hanya sekedar seremonial atau syarat memenuhi undang-undang. Tapi betul-betul ajang seleksi mencari kader pemimpin.
“Kita kan sudah punya RPJM. Masuk tiga periode ini sudah berjalan. Artinya kita butuh sosok yang bisa langsung beraksi sesuai dengan visi misi kota,” ujarnya saat hearing bersama Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Metro, Selasa 28/2/2017.
Wakil Ketua Komisi I Nasrianto Effendi menilai, untuk mengetahui kualitas dan kemampuan calon pemimpin, pihaknya berharap makalah para kandidat dibuka untuk masyarakat umum.
“Karena makalah itu kan gambaran pemikiran mereka untuk satker yang akan dipimpin. Apalagi untuk calon sekda kan. Jadi tujuannya apa, cita-citanya apa. Capaian jangka pendek dan menengahnya seperti apa. Sesuai tidak dengan visi kita,” bebernya.
Artinya, terus Nasrianto, bisa diketahui jika kandidat betul-betul bekerja menggunakan perencanaan. Sistematis dan tersusun. Dengan begitu, capaian pekerjaan kelak bisa diukur.
“Kita tidak tertutup bagi siapapun yang mau memajukan Metro. Tidak harus orang Metro juga. Adanya makalah, kita jadi tahu kualitas cara berpikir. Kalau toh, tidak lebih dari pejabat yang ada sekarang, lebih baik gunakan yang ada saja. Karena poin plusnya pasti lebih banyak,” imbuhnya.
Sementara anggota Baperjakat Metro Herjuno mengaku, pihaknya akan menyampaikan ke panitia seleksi (pansel) terkait usulan membuka makalah para calon pejabat kepada masyarakat umum.
“Kami rasa itu baik juga yah. Jadi tidak masalah. Karena masyarakat ataupun media massa sebagai jembatan informasi, jadi tahu bagaimana calon-calon pejabat Metro,” terangnya.
Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Metro mengaku hingga saat ini masih ada 16 jabatan kosong untuk eselon IV.
Kepala BKPSDM Metro Herjuno menjelaskan, 16 jabatan kosong terdiri dari eselon IV lurah 7 orang, eselon IV a kasi 7 orang, eselon IV b kasi 2 orang. Untuk mengisi posisi tersebut, Baperjakat akan merekomendasi kepada wali kota.
“Tapi tidak seleksi terbuka. Tapi tetap, kita melihat kinerja mereka selama ini. Absesni. Latar belakang dan kepangkatan. Kemungkinan nanti sama pelantikannya dengan 14 pejabat. Ini kita masih proses juga,” tuntasnya.(Ry/Rud).
BACA JUGA:  Jadi Pelaku Curat, Dua Pelajar Ditangkap Polisi

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top