Geliat Lampura

KINI BISA SCREENING GEJALA COVID-19 DI MOBILE JKN

Lampung Utara, www.Lampungmediaonline.com-Kabar baik bagi Peserta Program JKN-KIS, saat ini telah tersedia fitur “Skrining Mandiri Covid-19” yang bisa diakses melalui aplikasi Mobile JKN. Melalui fitur ini Peserta JKN-KIS dapat melakukan screening mandiri gejala Corona Virus Disease (Covid-19) sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Lia Y Surosa menuturkan bahwa, dalam kondisi pandemi seperti ini maka kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan, Selasa (12/05).

“Kita harus melakukan berbagai langkah pencegahan untuk menekan penyebaran virus corona, salah satunya adalah dengan melakukan screening gejala Covid-19 melalui aplikasi Mobile JKN. Terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur agar hasil screening akurat dan peserta tidak perlu khawatir karena kerahasiaan data akan dijamin oleh BPJS Kesehatan,” jelas Lia.

BACA JUGA:  Dua Pelaku Diduga Penganiayaan di Amankan Tim Opsnal Polsek Abung Barat

Fitur Skrining Mandiri Covid-19 ini akan terkoneksi dengan lokasi peserta terdapat fitur GPS dan disinergikan dengan data dan informasi status zona di wilayah masing-masing. Terdapat 22 pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta dalam screening awal/mingguan dan selanjutnya terdapat 4 pertanyaan saat Peserta melakukan screening harian. Pertanyaan pada screening mingguan juga akan kembali diisi apabila sudah 7 hari dari peserta mengisi screening awal.

“Selain screening gejala Covid-19, dalam aplikasi Mobile JKN juga terdapat fitur screening riwayat kesehatan untuk mendeteksi gejala penyakit kronis seperti diabetes melitus, hipertensi, gagal ginjal kronis dan jantung koroner. Oleh karena itu kami selalu menghimbau masyarakat untuk mendownload aplikasi ini agar bisa mengakses berbagai kemudahan didalamnya,” lanjut Lia.

BACA JUGA:  HPSN 2021, Babak Baru Pengelolaan Sampah di Indonesia

Penambahan fitur Skrining Mandiri Covid-19 disambut positif oleh masyarakat, salah satunya Arief. Salah satu Peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU)mengaku telah memanfaatkan fitur ini untuk memantau kondisi kesehatannya.

“Jujur saja saat pandemi seperti ini jangankan ke rumah sakit, keluar rumah saja saya hindari jika tidak memiliki kepentingan. Nah untung saja saya tetap bisa melakukan screening mandiri gejala Covid-19 melalui aplikasi Mobile JKN sehingga saya bisa memantau kondisi kesehatan saya setiap harinya,” ujar Arief.

Arif juga menekankan untuk selalu melakukan pola hitup sehat seperti menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan minum vitamin, istirahat cukup dan selalu berpikiran positif agar terhindar dari berbagai penyakit. Tak lupa ia mengingatkan masyarakat untuk tetap tinggal dirumah jika memungkinkan selama masa pandemi ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.(Ksf)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top