Geliat Lambar

Ketua TP PKK Canangkan Kesrak PKK-KB Kesehatan

Lampung Barat, lampungmediaonline.com – Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Barat Dra. Hj. Helwiyati Komala Dewi secara resmi mencanangkan kesatuan gerak ( kesrak) PPK-KB- Kesehatan tingkat kabupaten di Aula PKK komplek pemkab Rabu (12/10).
Tampak hadir dalam kegiatan pencanagan kesrak-PKK-Kesehatan itu sejumlah kepala SKPD, camat se-Lambar, Ketua TP PKK tingkat kecamatan serta penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB) se-Kabupaten Lambar.
Dalam sambutannya, Helwiyati Komala Dewi menyampaikan apresiasi kepada TP PKK semua lini mulai dari tingkat pekon, kecamatan dan seluruh kader atas baktinya kepada bumi sai batin Lambar tercinta ini.
“Saat ini adalah kesempatan kita semua untuk berbuat dan berkarya dalam keterpaduan membangun Lambar. Ibu-ibu yang belum sempat mari kita mulai, yang sudah berkarya ayo kita tingkatkan sehingga kita dapat bermanfaat untuk banyak umat,” ujar Helwiyati.
Menurut dia, kegaitan kesrak PKK-KB-Kesehatan ini akan dilaksanakan penilaian setiap lingkungan jadi setiap lomba diperlukan partisipasi baik moral maupun materi. Lomba ini akan menetapkan yang terbaik untuk lomba kesrak-PKK-KB-Kesehatan, lingkungan bersih dan sehat, posyandu serta PHBS di ruamh tangga. “Saya berharap kesrak benar-benar kesatuan gerap mantap kordinasinya, keterpaduan dan dukungan semua unsure pelaksana,” ujar dia.
Dilain pihak, Kepala BKBPP Lambar Drs.Daman Nasir, M.P mengungkapkan, kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan salah satu rangkaian menyambut hari kesatuan gerak PKK dengan dukungan keterpaduan lintas sektor. Dan kegiatan tersebut bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan instansi keluarga berencana kesehatan di tingkat pekon dengan kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utamanya. Dikatakannya, lomba kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan ini merupakan kegiatan rutin yang laksanakan setiap tahunnya. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. “Kami menghargai dan memberikan apresisasi yang tinggi kepada ibu-ibu PKK yang telah dan terus berperan aktif dalam upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga, melalui kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan ini. BKBPP saat ini mempunya tugas untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan mengatasi masalah kemiskinan, upaya yang dilakukan bukan hanya sebatas pada jumlah kelahiran tetapi juga mencakup upaya peningkatan kesejahteraan keluarga,” ujarnya. Lanjut dia, program KB juga mencakup program bina keluarga balita (BKB), bina keluarga remaja (BKR), bina keluarga lansia9BKL), serta unit peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) . Pengurus dan anggota PKK di semua tingkatan bahkan sampai kepada para kader yang berada di garis depan tentunya mempunya peran yang sangat penting dalam menggerakkan, membimbing dan membina masyarakat, sebab kesatuan gerak PKK-KB-kesehatan sangat strategis dalam menunjang keberhasilan program KB dan kesehatan serta peningkatan kualitas keluarga sehingga akan terwujud masyarakat yang mansdiri, sehat dan sejahtera.”Lomba kesrak PKK-KB-Kesehatan ini adalah sarana untuk memotivasio para kader dan keluarga serta TP PKK mencapai target PKK-KB-Kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang dan terbagi atas empat kategori yaitu pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan, lingkungan bersih dan sehat (LBS), posyandu terbaik, serta pelaksana prilaku bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga terbaik,” pungkasnya seraya menambahkan, lomba ini akan diselenggarakan di tingkat kecamatan mulai Senin-Jumat (17-28/10) mendatang.(trs)

BACA JUGA:  Dua Warga Lambar, Terima Santunan Kecelakaan dan Kematian Dari BPJS Lampung Tengah

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top