Ekonomi

KADIN Apresiasi Kerukunan Antar Pekerja PT GNI Rayakan Imlek Dengan Lomba

KADIN Apresiasi Kerukunan Antar Pekerja PT GNI Rayakan Imlek Dengan Lomba

PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) dan PT. Stardust Estate Investmen (SEI) mengadakan berbagai lomba menarik untuk meramaikan perayaan Imlek 2023.

Kegiatan lomba tersebut yakni perlombaan estafet hulahoop, estafet tepung, lomba lari yang diikuti 10 orang, serta undian menarik lainnya.

HOD Public Relation PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) Mister Jiang Chao, mengatakan jika kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk bonding rasa persaudaraan, rasa syukur, serta kebersamaan antar perusahaan dengan para karyawan baik TKI maupun TKA. Hal ini dilakukan sebagai bentuk menjaga kerukunan dan saling menguatkan satu sama lain.

“Kegiatan ini dalam rangka perayaan momentum Hari Raya Imlek tahun 2023. Semoga bisa berjalan dengan lancar, aman dan kondusif,” kata HOD Public Relation PT GNI, Mr. Jiang Chao,

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kapolres Morowali Utara, AKBP Imam Wijayanto, HOD Public Relation PT GNI Mr. Jiang Chao, Wakapolres Morowali Utara Kompol Alfian, HOD Smelter Mr. Bai, HOD Kontraktor Mr. Liu, serta sebanyak 500 TKA dan TKI yang ikut berpartisipasi.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Sigi Donggala, Hari Ramdhani mengapresiasi kegiatan lomba untuk meramaikan Hari Raya Imlek yang diselenggarakan oleh PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) dan PT. Stardust Estate Investmen (SEI) pada Sabtu 21 Januari 2023.

Menurut Hari, kegiatan lomba yang diikuti oleh Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tersebut bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah. Pasalnya, kegiatan harmonisasi antar pekerja tersebut bisa menarik para investor yang hendak berinvestasi di Indonesia.

Tak lupa, dia juga mengucapkan bela sungkawa kepada TKA dan TKI yang saling bentrok di PT GNI beebrapa waktu lalu sehingga memakan korban jiwa. Dia menyayangkan hal tersebut lantaran Indonesia membutuhkan investasi yang besar dan memerlukan penanaman modal asing.

“Penanaman modal asing ini sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan pengusaha yang baru tumbuh,” ujarnya, Sabtu (21/1/2023).

Hari menyebut beberapa manfaat investasi penanaman modal dari luar ini.

“Pertama, banyak lapangan kerja tercipta. Kedua, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga terbantukan. Saya kemarin sempat ke Morowaali Utara, itu banyak sekali peluang usaha yang terbuka,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengingatkan agar TKA dan TKI saling menjaga kerukunan satu sama lain agar tidak terjadi bentrok yang berujung kerugian di kedua belah pihak.

“Harusnya kita bisa saling merangkul, saling mengingatkan. Ayo kita tingkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi tengah.

Untuk diketahui, sebelumnya aksi unjuk rasa anarkis yang terjadi pada Sabtu (14/1/2023) yang terjadi di lokasi industri pengolahan nikel (smelter) PT GNI mencoreng industri dan investasi dalam negeri. Pasalnya, dalam bentrokan tersebut dua orang meninggal dunia yaitu seorang TKI dan TKA serta terjadi sejumlah kerugian material.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menilai kasus bentrokan di PT GNI harus diambil pelajaran tentang cara memastikan TKA dapat berdampingan dengan tenaga kerja lokal.

“Ini pelajaran yang sangat baik bagi kita semua, untuk bagaimana tenaga kerja asing bisa berdampingan dengan tenaga kerja lokal,” katanya.

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top