Pendidikan

Inovatif, Lima Mahasiswa Kimia Unila Lolos Pimnas

www.lampungmediaonline.com – Tahukah anda bahwa produk-produk bermanfaat yang kita konsumsi dan gunakan setiap harinya tidak hanya berasal dari tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar kita saja? Salah satu makhluk hidup yang dimanfaatkan untuk menghasilkan produk-produk bermanfaat tersebut adalah mikroalga. Mikroalga merupakan organisme tumbuhan paing primitif berukuran seluler yang umumnya dikenal sebagai fitoplankton. Organisme ini merupakan produsen primer perairan yang mampu berfotosintesis layaknya tumbuhan tingkat tinggi lainnya.

Salah satu kandungan yang terdapat dalam mikroalga adalah fikobiliprotein. Berdasarkan strukturnya, fikobiliprotein merupakan senyawa kompleks pigmen protein yang memiliki peran penting dalam fotosintesa. Ada tiga kelompok fikobiliprotein yang dikenal, yaitu fikosianin (pigmen biru), fikoeritrin (pigmen merah), dan allofikosianin (pigmen biru kehijauan). Fikobiliprotein memiliki lingkup aplikasi yang cukup luas di sektor industri , farmasi, makanan, kosmetik, serta di bidang penelitian dan diagnostik klinik.

BACA JUGA:  Santri Lirboyo Kediri Jawa Timur

Oleh karena banyaknya kegunaan fikobiliprotein tersebut, berkembang penelitian tentang isolasi fikobiliprotein. Namun, dari penelitian-penelitian terdahulu, prosedur pemurnian fikobiliprotein yang digunakan panjang dan rumit sehingga memerlukan waktu yang lama. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hasil yang didapat, baik kestabilan senyawa maupun jumlah yang diperoleh. Selain itu, jenis kolom yang digunakan dalam pemurnian fikobiliprotein juga mahal sehingga kurang efisien jika diterapkan pada skala industri.

Melihat fenomena ini, lima orang mahasiswi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Lampung mencetuskan sebuah  program penelitian berjudul “Pemanfaatan Bionanokomposit Hidroksiapatit/Kitosan Untuk Pemurnian Fikobiliprotein dengan Metode Kromatografi”. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-PE) ini digawangi oleh Erien Ratna Putri, Fergina Prawaning Tyas, Rahmah Hanifah, Astriva Novri Harahap, dan Ulfia Fauziah Nur di bawah bimbingan Andi Setiawan, Ph.D.

BACA JUGA:  Bekerja di Startup? Siapa Takut! 5 Kategori Profesi Ini Paling Dicari di Startup

“Hidroksiapatit adalah senyawa kristalin yang selama ini digunakan untuk implan tulang dan gigi. Namun, dalam penelitian ini kami memodifikasinya dengan kitosan dari kulit udang dan memanfaatkannya untuk pemurnian fikobiliprotein. Proses pemurnian fikobiliprotein menjadi lebih sederhana.”, ujar salah satu anggota tim, Astriva Novri Harahap

Tidak seperti kolom selulosa yang biasa digunakan untuk  pemurnian protein, hidroksiapatit/kitosan ini lebih ekonomis sehingga efisien jika diaplikasikan dalam skala industri. Kulit udang sebagai bahan baku kitosan juga didapatkan dari limbah dapur, sehingga program ini juga berperan dalam daur ulang sampah.

“Pemurnian fikobiliprotein dengan hidroksiapatit/kitosan ini lebih optimal daripada dengan selulosa. Proses pemisahannya tidak hanya berdasarkan pori, tetapi juga berdasarkan interaksi ionik antara protein dengan hidroksiapatit/kitosan. Oleh karena itu, hasil yang didapat lebih baik.”, kata Erien Ratna Putri selaku ketua tim.

BACA JUGA:  Kupas Tuntas Rahasia Dapatkan Beasiswa Luar Negeri Bersama Navipos

Program penelitian ini berhasil lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang akan diselenggarakan pada 23-28 Agustus 2017 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar. Tim Erien dkk merupakan salah satu dari tujuh tim Universitas Lampung yang akan berjuang di kompetisi bergengsi tersebut.(lis)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top