Lampung Sai

IGI Kritisi Kinerja DPRD Provinsi Lampung

Bandarlampung, ML- Indonesia Governance Index (IGI) melalui  Partnership merangking kinerja DPRD Provinsi se Indonesia. khusus untuk kinerja DPRD Lampung, IGI memberi nilai rendah terhadap komitmen anggota dewan dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

Hal itu disampaikan peneliti IGI Lampung, Rofandi Hartanto lewat rilisnya, Selasa (15/04) lalu. Menurut dia, hasil penelitian ini disiarkan untuk menjadi bahan evaluasi bagi para nggota DPRD Lampung terpilih nanti.

Penelitian ini melibatkan nara sumber dari empat arena, yaitu pemerintahan, birokrasi, masyarakat sipil dan ekonomi. Dalam wawancara dan diskusi dengan empat komponen ini diperoleh data bahwa komitmen anggota DPRD Provinsi Lampung masih rendah dalam memperjuangkan aspirasi publik.

BACA JUGA:  Dugaan Pungli Prona, Pokmas Dipriksa Kejari Kalianda

Menurut Rofandi, rendahnya komitmen wakil rakyat terhadap kepentingan publik ini ditunjukkan oleh rendahnya keterlibatan masyarakat dalam publik dalam pengawasan dan hearing pembahasan Perda non APBD.

“Kalau saluran-saluran pengaduan dan interaksi masyarakat dengan wakil rakyat kurang, terus darimana para wakil rakyat ini menyerap aspirasi masyarakat? Selain itu pengaduan-pengaduan masyarakat ini juga penting untuk memperkuat fungsi pengawasan mereka terhadap kinerja pemerintah,” kata dosen Universitas Lampung ini.

BACA JUGA:  Gubernur Siap Dukung Kejayaan Sepak Bola Lampung

Bahkan, kata Rofandi, beberapa anggota dewan yang menyadari lemahnya perjuangan mereka dalam menyampaikan aspirasi masyarakat membuat Perda Partisipasi Publik untuk mengatur hak masyarakat dalam mengakses data publik. Namun, pelaksanaan perda ini pun belum sepenuhnya terwujud.

Terbukti, akses publik terhadap pengunaan dana aspirasi, kegiatan pengawasan DPRD, risalah-risalah rapat, dan kunjungan kerja pembangunan anggota DPRD sangat minim. Data-data publik ini tidak disiarkan, bahkan untuk mendapatkannya sangat sulit.

“Kami saja tim peneliti sempat di ping-pong kesana kemari untuk mendapatkan data-data ini, padahal dokumen-dokumen tersebut adalah dokumen publik yang aksesnya dilindungi oleh UU tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ujarnya.(lps/R3)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top