Pendidikan

Gus Miftah Tekankan Maba Unisma Optimis dan Rasa Percaya Diri

Malang, www.lampungmediaonline.com – Salah satu alasan yang menjadikan seseorang tidak percaya diri atau insecure adalah kerap kali melihat satu hal melalui masalah dan kekurangannya. Hal tersebut disampaikan KH Miftah Maulana Habiburrahman atau yang dikenal dengan Gus Miftah dalam Halaqoh Diniyah Universitas Islam Malang tahun 2022, Kamis (16/9) di Gedung Bundar Al Asy’ary Unisma.

“Kesalahan kita tidak percaya diri adalah satu, selalu melihat kekurangan daripada melebih dan melihat masalah dalam peluang. Padahal orang yang optimis selalu bisa melihat peluang dalam masalah,” ujarnya.

Menurut Gus Miftah, untuk menghindari rasa percaya diri yakni cukup dengan melihat peluang dan hindari masalah. Termasuk, untuk menumbuhkan kepercayaan diri yang kuat sehingga menjadi seorang mahasiswa berkualitas haruslah ditambah dengan keyakinan. “Yang terpenting itu, ada niat, mau atau tidak,” terangnya.

Dikatakan, bahwa ketidakpercayaan diri generasi bangsa Indonesia saat ini diakibatkan era penjajahan yang kurang lebih 350 tahun. “Salah satu impact negatifnya, adalah melahirkan generasi bangsa yang insecure. Bentuk insecure itu, salah satunya kalau kita bertemu dengan orang bule, yang ada difikiran kita adalah mereka orang pintar. Itu yang membuat kita ngga percaya diri,” sambungnya.

Maka, ia tekankan pada mahasiswa Unisma agar selalu percaya diri dengan berbagai kelebihannya. Sebab itu, Gus Miftah berharap Unisma dapat menjadi role model kampus di Indonesia. “Sebagai kampus yang benar-benar moderat yang menganut paham tawassuth dan wasathiyah. Baik dalam beragama maupun berbangsa,” tukasnya.

Sementara itu, Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri.,M.Si menjelaskannya bahwa ini merupakan kali ketiga Unisma kedatangan Gus Miftah. Ia berharap kegiatan keagamaan ini mampu memberikan semangat dan motivasi pada calon generasi penerus bangsa yang intelektual dan memiliki akhlak maupun budi pekerti luhur.

“Sembari mereka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi dengan agama. Karena dalam proses pembelajaran adalah tertanam prinsip-prinsip Islam, Ahlusunawal jamaah yang menjadi spirit Unisma dalam membangun kampus tercinta Unisma,” tandasnya.(*)

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top