Advetorial

Gunakan DD, Jami,an Terus Bangun Desa

Pesawaran, www.lampungmediaonline.com – Termasuk dalam hal ini masih mengenai anggaran Dana Desa, yang telah turun ke beberapa desa di Kecamatan Punduh Pedada sekitar dua minggu lalu, khususnya Desa Pagar Jaya, membuat masyarakat di pedesaan ini merasa hidup dan lebih hidup. Pasalnya, Dana Desa yang sudah dicairkan ini diperuntukan pemerataan pembangunan di dusun-dusun Desa Pagar Jaya.
Desa Pagar Jaya, yang dulu merupakan desa tertinggal, kini jatah pembangunan akhirnya mengalir ke desa ini. Kenyataan ini membuat Jami’an selaku Kepala Desa setempat, ingin benar-benar menjadikan desa yang dapat dikenal dan membangun.
Adapun peruntukan Dana Desa ini menurut Jami’an, akan dibuat pembangunan, antara lain;
Dusun Jaya Tani A; membuat rabat beton sepanjang 500 meter, dengan lebar 1.5 meter, dan tebal 10 sentimeter. Pengerjaan ini sudah progress sekitar 80 persen. Menjadi prioritas, karna jalan tersebut menanjak, dan jika diguyur hujan akan menyebabkan jalan menjadi licin. Selain itu ini juga merupakan jalan penghubung ke Desa Sukamaju.
Dusun Benuangan; membuat rabat beton sepanjang 500 meter, dengan lebar 1.5 mete, dan tebal 10 sentimeter. Pembangunan ini masih dalam pengerjaan.
Dusun Jaya Tani B; membuat Talud Penahan Tanah (TPT) sepanjang 100 meter, dengan tinggi 1 meter. Dan dilain tempat juga dibuatkan TPT sepanjang 140 meter, dengan tinggi 1 meter. Sebab dusun ini dibuatkan TPT, mengingat wilayah tersebut rawan banjir.
Dusun Batu Payung; membuat Talud Penahan Tanah sepanjang 25 meter, dengan tinggi 1 meter.
Dusun Kamintara; membuat 1 unit gorong-gorong sepanjang 3 meter, dan lebar 2 meter.
Dusun Pagar Jaya Harapan; membuat jembatan beton yang dapat dilalui kendaraan roda empat (pick up), sepanjang 6 meter, dengan lebar 2.5 meter.
Dusun Pagar Jaya Indah; juga membuat jembatan beton yang dapat dilalui kendaraan roda empat (pick up), sepanjang 6 meter dan lebar 2.5 meter.
Jami’an mengatakan, “Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan khususnya Pemerintah Pusat yang telah membantu guna pembangunan di desa kami,” ucap Kades yang terlihat bijaksana ini.
Dan beliau juga mengenalkan keadaan desanya kepada LM, bahwa desa tersebut merupakan daerah pengunungan, yang tentu jalannya lebih banyak curam dan terjal.
“Saya sangat ingin seperti desa lainnya yang sudah lebih dulu maju ketimbang Desa Pagar Jaya yang jauh ketertinggalannya. Jadi saya juga berharap kepada masyarakat untuk bahu membahu membangun desa kita, dan jangan sampai ada dusta diantara kita,” celotehnya sambil bergurau.
Kemudian disini dapat dilihat juga mengenai jumlah penduduk, ada beberapa dusun yang memang masyarakatnya dengan rumah yang tidak berdampingan (berjarak), sehingga satu dusun saja tempat tinggal dan masyarakatnya dapat dihitung dengan mudah.
Kepala Desa Pagar Jaya,Kecamatan Punduh Pedada Kabupaten Pesawaran Jami,an menjelaskan dirinya dibantu oleh aparatur desa tidak maen maen dengan program pemerintah dalam menyerap Dana Desa guna pembagunan dan percepatan desa, yang dulu tertinggal dari pembaunan kini tahap demi tahap terus dibagun baik isfratruktru mauapun pembaunan SDM. dan
“saya berserta Masyarakat mengucapkan berterimakasih dengan adanya dana desa dikucurkan oleh pemerintah pusat desa kami dapat lebih maju, jika ada oknum yang mengatakan bahwa Dana Desa habis bangunanya tidak ada, itu tidak benar dan jelas bohong, saya selaku kepala desa merasa tidak terima jika ada perbuatan oknum,yang mempitnah saya, boleh dicek di lokasi pembanguan masing masing dusun,”tegasnya
Sofian selaku tokoh masyarakat dusun banuangan desa pagar jaya,Kecamatan Punduh Pedada Mengatakan,”kami selaku masyarakat sini sangat senang dengan kades pagar jaya,dilingkungan kami dibuat jalan rabat beton sepanjang 500 meter. Tadinya jalan ini susah dilalui motor licin,”saya dengar berapa hari ini kades jam,an dipitnah,kami tidak terima boleh dicek kelokasi pisik bangunan itu,jangan lihat gambar saja,kami pun,selaku masyarakat berterimakasih,kami ingin seperti desa lainnya.” tegasnya
Hals eanada dikatakan warga dusun Jaya tani atas Hasbi ” kami didusun jaya tani atas , berterimakasih senjak pak jami,an,memimpin desa pagar jaya, masyarakat merasakan sendiri telah dibangun jalan rabat beton sepanjang 525 meter, lebar 1 meter,masalah pitnahan ini boleh dicek kelokasi bangunan tersebut, kami masyarakat dusun jaya tani atas kami siap mendukung beliau (kades red),” tutur,Hasbi.
Feri mulyadi didusun jaya tani bawah, menerangkan didusunnya dibangun talud pembuang air hujan, sepanjang 240 meter. ” kami masyarakat berterimakasih kepada pak kades, sebelum dibuat talut setiap kali datangya hujan hujan kami selalu menjadi salah satu dusun yang terlanda banjir, sekarang telah dibagunya talut didusun jaya tani bawah diharapkan tidak lagi namanya banjir,”ungkap Ferimulyadi.(adv)

BACA JUGA:  Ngopi versi Rumah Zakat di desa Berdaya

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top