Kesehatan

Guna Cegah Menyebar Virus Covid 19, Desa Berdaya Buat Sanitizer Sendiri

www.lampungmediaonline.com Bengkulu, Untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID 19 disinfeksi di tempat-tempat umum seperti halte bis, sekolah, masjid, dan tempat umum lainnya sangat diperlukan

Sebuah studi menunjukkan bahwa virus corona dapat bertahan hidup di permukaan benda mati selama lebih dari seminggu. Pada dasarnya patogen manusia dapat bertahan di permukaan dan tetap menular pada suhu kamar hingga sembilan hari. Dengan kata lain, virus apapun dapat hidup di permukaan yang terkontaminasi hingga dua jam.

BACA JUGA:  Diduga Korban Maal Praktek, Panut Hanya Tergolek Lemas Tak Berdaya

Relawan Inspirasi Rumah Zakat bersama beberapa Anggota Risma Masjid Al Mukhlisin dan satu orang apoteker berinisiatif untuk mencoba membuat cairan formula yang kegunaannya sama dengan cairan handsanitaizer minggu (22/03).

“Setelah dipelajari, ada beberapa bahan yang akan digunakan untuk membuat cairan tersebut, yakni dengan mencampur air rebusan daun sirih dan alkohol. Alkohol yang digunakan harus mempunyai 60-80% kadar alkoholnya.” Ujar Anto Apoteker yang menjadi leader pembuatan hand sanitizer ini.

BACA JUGA:  Pasien Covid-19 di RSUD Tulang Bawang Bertambah 3 Orang

Menurut Anto pembuatan formula ini sudah cukup kompeten di bidangnya dikarenakan beliau memang lulusan farmasi dan bekerja sebagai apoteker. Takaran nya harus sesuai, 1ltr air rebusan daun sirih di campur dengan 200ml alkohol yang berkadar 60-80%.

“Air rebusan daun sirih harus didinginkan terlebih dahulu, setelah itu baru dilakukan pencampuran. Semoga tips singkat ini bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat cairan handsanitaizer yang saat ini memang sudah sulit di dapatkan, khususnya di kota Bengkulu.”, pungkas Anto

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top