Geliat Lamsel

Giliran Akademisi Soroti Keterlibatan ASN Dalam Parpol

Lampung Selatan,www.lampungmediaonline.com- Kehadiran sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) pada pelantikan Zainudin Hasan sebagai Ketua DPW PAN Lampung di Swisbell Hotel Bandar Lampung  (6/11/17), terus menuai sorotan.

Setelah Ek-LMND Lamsel, giliran kalangan akademisi menanggapi hal itu. Rektor Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH)  Kalianda,  Subagiyo, SH, MH menyatakan, sejumlah kepala satker itu harus menerima konsekuensinya, sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Konsekuensinya ya diberhentikan secara tidak hormat. Sebagaimana diatur undang-undang.” tegas Bagiyo kepada lampungmediaonline.com melalui sambungan telepon genggamnya, siang tadi (7/11/17).

Sebab, menurut Subagiyo, Aparatur Sipil Negara (ASN) sejatinya adalah pelayan publik, tidak terprioritas pada kepentingan kelompok atau partai politik.

“Mestinya, mereka (kepala SKPD, red) dapat memilah, mana kegiatan untuk kepentingan masyarakat dan mana kegiatan untuk kepentingan kelompok tertentu.”Lanjutnya.

Ia menambahkan, terkait Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamsel, Dulkahar, yang memakai atribut partai berupa almamater berlogo PAN, akademisi bidang hukum itu mengungkapkan, harus menerima komsekuensinya.

BACA JUGA:  DPRD LAMSEL GELAR PARIPURNA LKPJ-AMJ

“Seperti yang lainnya. Kalau memang dia (Dulkahar, red) memiliki keterlibatan dengan parpol, harus terima konsekuensinya. Selerti yang diatur undang-undang.”tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pelantikan Zainudin Hasan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW)  Partai Amanat Nasional (PAN)  Lampung di Swisbell Hotel, Bandar Lampung, siang tadi (6/11/17) ramai diperbincangkan publik.

Bukan soal pelantikannya, namun, terkait foto Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lampung Selatan (Lamsel), Dulkahar yang tengah mengenakan almamater PAN yang beredar di social media.

Menyoroti hal itu, Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (Ek-LMND) Lamsel angkat bicara.

Menurut organisasi mahasiwa itu, tindakan Kadis DPMD, Dulkahar, dianggap ceroboh. Sebab, ketika ASN tersebut memakai atribut partai maka dia mengamini aktifitas partai tersebut layaknya pengurus atau anggota partai itu.

“Memang itu hanya sebuah foto. Namun, secara langsung masyarakat berasumsi bahwa dia adalah kader partai. Sementara, bassic-nya adalah aparatur sipil negara.”Kata Sekretaris Ek-LMND Lamsel, Dedi Manda Putera kepada lampungmediaonline.com saat berbincang di sekitar Kalianda sore tadi.

BACA JUGA:  Soal Pungli Dana PKH, DPRD Lamsel Turun Tangan

Selain itu, Dedi juga menegaskan, Undang-Undang no 5 tahun 2014 secara jelas mengatur bahwa ASN bersifat netral,  dan tidak terlibat aktif dalam kegiatan partai.

“Sanksi-nya pun sudah jelas diatur undang-undang tersebut. Bahwa, apabila ASN menjadi anggota dan atau pengurus partai serta terlibat aktif di dalam partai akan dijatuhi hukuman berupa pemberhentian secara tidak hormat.”Tegas mahasiswa hukum ini.

Bukan hanya itu saja, Dedi juga membeberkan, terkait kehadiran para ASN dalam kegiatan paratai itu menunjukkan adanya pengondisian ASN yang ada di Kabupaten Khagom Mufakat ini ikut mendukung aktifitas partai besutan Amin Rais itu dalam momentum tahun politik.

“Meski kehadirannya berdasar undangan, namun jelas, tidak mengindahkan aturan yang berlaku terkait fungsi ASN seperti yang diatur UU no 23 Tahun 2014.”lanjutnya.

BACA JUGA:  Polisi Berhasil Tangkap Pembunuh Pemuda Di tanjung Bintang

Sementara, saat dikonfirmasi lampungmediaonline.com, Dulkahar mengelak. Menurut mantan Camat Natar itu pihaknya hanya numpang foto saat ada penjual baju yang berlogo PAN.

“Kan jelas saya tulis di akun facebook saya. Hanya numpang foto.”kilahnya saat dihubungi wartawan media ini melalui sambungan teleponnya sore tadi.

Ia menambahkan, terlepas asumsi masyarakat berbedgan kondisi itu, pihaknya tetap menegaskan bahwa dirinya bukanlah kader partai berlambang matahari tersebut. “Ya bukan lah. Bodoh saja saya kalau masuk sebagai anggota, saya kan ASN.”tukasnya. (Doy/Sior)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top