Geliat Metro

Gelar Upacara Hari Pahlawan, A. Pairin sampaikan Amanat Mentri Sosial

Metro www.lampungmediaonline.com – Pemerintah Kota Metro menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-71 di lapangan Samber serta tabur bunga di Makam Pahlawan, Kamis (10/11).

Upacara tersebut diawali dengan membunyikan sirine dalam suasana hening oleh Walikota Metro, dan diikuti sirine kendaraan yang ada disekitar Lapangan Samber.

Dalam kesempatan itu pula, Walikota Metro A. Pairin menyampaikan amanat Mentri Sosial RI bahwa peringatan ini mengangkat tema “Satukan Langkah Untuk Negeri”. Dalam amanat tersebut, bangsa Indonesia diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa pemenang yang mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain, dengan tekad dan ketulusan untuk saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong.

Selain itu, didalam penyampaianya, melalui Peringatan Hari Pahlawan ini diharapkan dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat, maupun pahlawan bagi negeri ini,” katanya.

BACA JUGA:  Wali Kota Aperesiasi Peluncuran Fitur Mobile Skrining BPJS

Usai upacara, Walikota Metro bersama dengan Wakil Walikota Metro, beserta jajarannya berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kota Metro.

Dalam hal ini, Dandim 0411 LT Letkol Inf Jajang Kurniawan menjadi Inspektur upacara sebelum pelaksanaan tabur bunga. Kepada Kupas Tuntas ia mengatakan, dengan melaksanakan tabur bunga ini adalah bentuk memberikan penghargaan kepada para pahlawan terutama jasanya. Sebab menurutnya, Negara yang besar adalah negara yang mengahargai jasa dan sejarah dari pahlawan. “Jika  kita ingin dikategorikan menjadi negara yang besar, kita harus bisa menghargai jasa dan sejarah para pahlawan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Gus Sodiq:Kader PKB Kota Metro Diminta Loyal

Lebih lanjut ia menuturkan, perjuangan untuk saat ini tentu tidak ada apa apanya jika dibandingkan dengan perjuangan mereka dulu. Sebab para pahlawan berjuang dengan titik darah penghabisan demi bangsa dan negara. “Saya harap seluruh masyarakat mampu meningkatkan gotong royong, bahu membahu bersatu padu hilangkan rasa egois ingat kembali jasa pahlawan, mereka tulus. Jangan gontok gontokan,” mintanya.

Sementara, Fahri Hamdan salah seorang veteran pembela Kota Metro berharap, untuk saat ini pemerintah bisa memfasilitasi para pemuda. “Bukan itu saja, pemuda juga wajib memiliki jiwa pembela bangsa, dan berperan aktif dalam mempertahankan NKRI dengan terus meningkatkan prestasi,” kata dia.

BACA JUGA:  Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan Raperda APBD 2017

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, Ketua DPRD Kota Metro, Sekda Kota Metro, Fokorpimda Kota Metro, Para Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Metro, Ketua TP-PKK Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro, Veteran, serta seluruh peserta upacara yang turut hadir. (rud)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top