Lampung Sai

Eksport Biji Kopi Bulan Januari Turun

Bandarlampung,LM-Nilai ekspor biji kopi dari Provinsi Lampung pada Januari 2014 senilai 15,3 juta dolar AS atas pengapalan 8.227 ton atau turun jika dibandingkan periode yang sama bulan lalu.

“Pada Desember 2013, nilai ekspor kopi Lampung 38,4 juta dolar dengan volume 22.326 ton,” kata Ketua Renlitbang Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Lampung Muchtar Lutfie, Senin (10/2).

Saat ini lanjut dia, eksportir masih melepas stok guna memenuhi kontrak penjualan. Harga kopi di pasaran masih bertahan kisaran Rp19.500-Rp20.000 per kilogram. Namun demikian eksportir melepas stok karena masih khawatir harga akan turun serta untuk memenuhi kontrak penjualan tahun 2013.

BACA JUGA:  Pemprov siapakan Upaya Hadapi MEA

Harga sebesar itu menurut Muchtar masih belum dipotong untuk ongkos proses, ongkos angkut dan sewa gudang.

“Jika eksportir tidak memenuhi kontrak penjualan maka dikhawatirkan tahun depan kontraknya bisa dipotong pembeli di luar negeri,”ujarnya.

Dampak terhadap penurunan harga kopi tersebut, katanya, bisa dikurangi dengan terus naiknya kurs dolar AS terhadap rupiah yang belakangan sudah menyentuh angka Rp12 ribu per dolar.

BACA JUGA:  Gubernur Ridho: Pemprov Berhasil Cetak Dua Kali Lipat Lahan Perkebunan Jagung

“Saya berharap harga tersebut terus membaik sehingga harga kopi di dalam negeri kembali naik sehingga mendorong petani untuk merawat tanaman kopinya yang saat ini sedang berbunga,” katanya.

Ia memperkirakan bahwa produksi kopi Lampung pada 2014 bakal naik seiring siklus dua tahunan dan hujan yang belum banyak turun hingga kopi telah berbunga sejak bulan lalu.(tim/R4)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top