Geliat Lampura

Diskes Lampura Cegah Penyakit BABS

Lampung Utara,  www.lampungmediaonline.com – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Lampung Utara(Lampura) menjalankan intruksi Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengenai pencegahan penyakit lingkungan yakni Buang Air Besar Sembarangan(BABS).
Sekretaris Diskes Lampura Edi Kusnadi mengatakan, sosialisasi program pencegahan penyakit lingkungan yang disebabkan oleh BBAS tersebut merupakan intruksi dari Kementrian Kesehatan(Kemenkes) yang disosialisasikan melalui Puskemas-puskesmas yang ada di Lampura.
Dengan tujuan untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh permasalahan lingkungan. Seperti penyakit diare, penyakit kulit gatal-gatal, Muntahber dan penyakit infeksi lainnya.” Kalau buang air besar sembarangan ini kan dapat menimbulkan dampak yang besar, selain lingkungan tercemar kesehatan juga terancam,” ujar Edi melalui sambungan teleponnya Senin (12/12).
Dikatakan Edi, dengan BABS tersebut bakteri-bakteri akan menyebar sehingga menimbulkan penyakit.
Untuk itu seluruh Puskesmas yang ada di 23 Kecamatan harus turun ke masing-masing Desa untuk melakukan sosialisasi ini.
Nantinya akan ada tiga Desa yang akan menjadi percontohan yakni dua Desa di Kecamatan Abung Selatan dan satu Desa di Kecamatan Abung Surakarta.” Terpilihnya dua Kecamatan yang akan menjadi percontohan itu, karena tiga Desa di Kecamatan tersebut tidak tercemar karena BABS. Dan di Desa tersebut sudah tidak adalagi masyarakat yang menggunakan WC cemplung,”ujarnya lagi.
Pada tahun 2017 mendatang lanjut Edi, semua sosialisasi ini harus sudah diterapkan oleh seluruh wilayah yang ada di Lampura. Sehingga pada tahun 2019 mendatang tidak adlagi masyarakat yang menggunakan WC cemplung dan membuang air besar di aliran sungai.”Agar ini semua tercapai kita berikan penyuluhan . Kemudian kita berikan pemahaman kepada masyarakat agar masyarakat mengadakan gotong royong untuk membangung Toilet yang layak,” terangnya.
Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga lingkungan sehingga tidak tercemar.
Kemudian memahami tentang bahayanya buang air besar di aliran sungai.” Dampak dari kotoran manusia ini sangat besar. Jika dibuang dialiran sungai dan airnya sampai di konsumsi masyarakat tentunya akan membahayakan kesehatan. Kemudian jika dibuang sembarangan dihinggapi serangga dan serangga tersebut hinggap dimakanan warga tentu akan menimbulkan penyakit berbahaya,”pungkasnya.(Arief).
BACA JUGA:  Plt Bupati Lampura Pimpin Irup Apel Kesiapan Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top