Geliat Lampura

Disdik Lampura Lakukan Monitoring Program PKP-SPM

Lampung Utara, Lampungmediaonline.com – Program Pengembangan Kapasitas Penerapan – Standar Pelayanan Minimal (PKP-SPM) Pendidikan Dasar yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Utara (Lampura) sejak tahun 2015 lalu kembali dijalankan ditahun ini.

Saat ini, panitia program PKP-SPM sedang melakukan monitoring ke sekolah/madrasah  dalam rangka bimbingan penyusunan RKS/RKAS yang diintegritaskan dengan capaian SPM.

Kosultan Pendamping Program PKP-SPM Pendidikan Dasar Drs. H. Iing Sutisna, M.Ed mewakili Kadis Pendidikan Lampura Suwandi, S.Pd. M.Pd menjelaskan, monitoring yang dilakukan pihaknya dilaksanakan disatuan sekolah yang telah mengikuti pelatihan pengintegrasian SPM. “Pembagiannya dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama telah kita lakukan pada bulan April 2016 lalu dan tahap ke dua akan dilaksanakan pada akhir Agustus medatang,” jelasnya, saat memberikan keterangan, Selasa (2/8/16).

BACA JUGA:  Dengan Program JKN-KIS, Berobat 100 Persen 'GRATIS'.

Setelah melakukan monitoring, kata dia, pada September 2016 mendatang pihaknya akan melaksanakan Workshop dalam rangka penyusunan roadmap pendidikan dasar. “Dalam dokumen roadmap akan dituangkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mencapai SPM secara penuh,” kata dia.

Diceritakan Iing, Program PKP-SPM Pendidikan Dasar telah dilaksanakan sejak awal 2015 lalu. Dimana dalam pelaksanaannya, telah dilakukan berbagai kegiatan mulai dari sosialisasi SPM kepada seluruh Stakeholder pendidikan, pelatihan pengukuran, dan analisis capaian SPM kepada para pengawas, Kepala Sekolah/madrasah, dan Guru.

BACA JUGA:  Sri Widodo: Pelatihan Diteksi Dini Memberikan Rasa Aman Terhadap Masyarakat

Kegiatan tersebut, diikuti 1250 guru sekolah/madrasah dan 740 pengurus komite sekolah/madrasah, dewan pendidikan, dunia usaha/industri serta masyarakat pedulu pendidikan.

Selain itu, tambah dia, ditahun lalu pihaknya juga telah melakukan survei kesejumlah satuan sekolah/madrasah untuk memotret kondisi pendidikan dasar sebagaimana tertuang dalam Permendikbud No. 23 tahun 2013. “Hasil survei yang kita lakukan menunjukan bahwa capaian SPM pendidikan dasar baru dicapai rata-rata sekitar 50-70%,” tutupnya. (NK)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top