Pendidikan

Disdik Lampura Bakal Evaluasi Sekolah Terapkan Sistem Full Day

Lampung Utara, www.lampungmediaonline.com –  Dinas Pendidikan kabupaten Lampung Utara akan melakukan evaluasi terhadap berjalannya program lima hari jam sekolah atau yang disebut full day yang telah ditetapkan di beberapa sekolah yang ada. Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Suwandi saat membuka Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SLTP di SMP Negeri 1 Sungkai Jaya.Sabtu (26/8).

Mantan Kepala Sekolah SMPN 7 Kotabumi itu mengatakan, sekolah yang ingin menerapkan program lima hari jam sekolah hendaknya terlebih dahulu melakukan analisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sekolah. Kemudian hasil analisis itu disampaikan ke Disdik untuk dilakukan verifikasi ulang. ” Bagi sekolah yang telah menerapkannya. Dinas Pendidikan pada bulan September akan turun ke lapangan untuk mengecek dan mengevaluasi ke sekolah yang bersangkutan,” ujar Kadisdik.

BACA JUGA:  Kebijakan Publik Oleh Uyyun Regia Fatva

Pelaksanaan lima hari jam sekolah, kata Kadisdik, haruslah memenuhi persyaratan-persyaratan seperti kelayakan sarana dan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM), persetujuan wali murid dan sebagainya. ” Nantinya dari hasil evaluasi kita kasih waktu selama tiga bulan. Apabila sekolah tidak mampu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, maka 2019 sekolah tersebut harus kembali menerapkan sekolah seperti biasa (enam hari),” terang Suwandi.

Tak lupa juga dia menekankan penting kekompakan  para Kepala Sekolah untuk menjalankan hasil Keputusan MKKS demi peningkatan mutu pendidikan. Dia juga berpesan agar dalam melakukan proses ngajar mengajar di sekolah hendaknya para guru menjadikan siswa-siswi nya sebagai sahabat dan Kepala Sekolah juga menjadikan para guru sebagai sahabat.Tutupnya

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Pendidikan, Saiful Nawas yang juga hadir pada kesempatan itu lebih menekankan pada kedisiplinan para guru dan Kepala Sekolah. Menurut dia, MKKS merupakan salah satu wahana informasi penting dari Dinas Pendidikan oleh karenanya setiap kali kegiatan MKKS para Kepala Sekolah harus hadir. ” Jikapun Kepala Sekolah tidak bisa hadir maka bisa diwakilkan oleh Wakil Kepala Sekolah jika masih tidak bisa hadir tolang dikonfirmasikan kepada Ketua MKKS,” tegasnya.

BACA JUGA:  Pendidikan Pancasila  Oleh Faradisa Khumairoh Nurul Chusna

Selanjutnya masih menurut Saiful,  muara dari pada pendidikan dan pengajaran di sekolah adalah meningkatnya prestasi siswa-siswinya. ” Sekolah harus benar-benar dikelola dengan baik. Apa saja perintah dari dinas seyogyanya segera ditindaklanjuti,” katanya.

Pada kesempatan itu pula, Ketua MKKS SMP, Nizar dalam laporannya mengatakan, agenda MKKS pada hari ini lebih menekankan persiapan sekolah dalam menghadapi ujian tengah semester, agenda evaluasi, studi banding dan semua yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan. ” Saat ini terdapat 21 sekolahan yang telah menerapkan lima hari jam sekolah, tentunya kesemuanya akan dilakukan evaluasi oleh Dinas Pendidikan,” kata Nizar (Khoiril/Arief)

BACA JUGA:  Enam Masiswa Unila Sukses Ikuti Diklatsar Mapala

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top