Geliat Tanggamus

Dinas Hutbun Tanggamus Sosialisasikan Pembibitan Pala

Tanggamus, Lampungmediaonline.com -Komoditas tanaman pala dikabupaten Tanggamus mengalami peningkatan seiring dengan adanya progmam dari Dinas Hutan dan Perkebunan (Hutbun) Kabupaten Tanggamus untuk pembibitan pala yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Tanggamus.
peningkatan ini tentu merupakan hal yang positif sebab dapat meningkatkan ekonomi dan pendapatan para petani.
Sosialisasi pembibitan pala yang dilaksanakan di Kecamatan Kotaagung Pusat bertempat di Aula Kantor Bp3k Kotaagung, pengembangan bibit pala yang dihadiri oleh 22 kelompok dari tiga kecamatan, kegiatan tersebut bertujuan guna memberi pengetahuan kepada kelompok tani (poktan) seputar budidaya tanaman pala. acara tersebut dibuka langsung oleh sekertaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Drs.HerliRahman mewakili Kepala Dinas Hutbun Kabupaten Tanggamus, Ir.FB.Karjiono.
Kabid Perkebunan Sastrawinata mewakili Kadis Hutbun Kabupaten Tanggamus Ir.FB.Karjiono, mengatakan, tiga Kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Kotaagung Timur,Kotaagung Pusat dan Kecamatan Kotaagung Barat, yang mana setelah mendapat pemahaman tersebut, para kelompok tani dapat mengaplikasikan, baik cara pembibitan,penanaman, serta mengatasi hama penyakit pala dilapangan.
“Bibit pala sendiri, nantinya akan dibagikan ke kelompok tani pada bulan Oktober 2016 mendatang, satu pekon satu kelompok tani dan perkelompok tani mendapat dua ribu bibit pala. secara keseluruhan ada 150 kelompok tani di Kabupaten Tanggamus yang akan kita bagikan bibit pala, untuk tahun depan (2017), mungkin lebih banyak lagi kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan bibit pala ini,” kata Sastrawinata, rabu (28/9).
Pengembangan tanaman pala ini, lanjut Sastrawinata mendapat atensi khusus dari Bupati Tanggamus Hi.Bambang Kurniawan,ST yang mana dalam program ini Bupati menghendaki Poktan yang memiliki lahan agar ditanami pala, hal ini agar kedepan Tanggamus dapat menjadi salah satu sentra penghasil pala di Provinsi Lampung.
“Tahun ini baru 150 kelompok tani dulu yang mendapat bantuan bibit pala, kedepan bantuan bibit pala akan kembali ada. Bantuan ini sendiri memang dasarnya permintaan dari kelompok tani, jika mereka mengusulkan akan kami salurkan,” kata dia.
Sementara itu, Kepala unit pelaksana teknis (UPT) Pelestarian Pengamanan Hutan dan Perkebunan Rakyat (PPHPR), wilayah kotaagung, Chandra mengatakan, jumlah poktan yang mengikuti binaan sekitar 22 kelompok, ia berharap kedepan semua lahan yang kosong dapat ditanami pala, khususnya lahan diwilayah kecamatan Kotaagung Timur, Kotaagung Pusat dan Kotaagung Barat. “Nantinya tanaman pala tidak hanya dapat ditanami di lahan yang luas saja, akan tetapi lahan serta pekarang yang kosong juga bisa ditanami pala,dan jika melihat kontur tanah disini tanaman pala sangat cocok, dan mudah-mudahan apa yang menjadi program Bapak Bupati empat atau lima tahun kedepan, Kabupaten Tanggamus menjadi sentra penghasil pala dapat terwujud,” pungkasnya. (man).

BACA JUGA:  Pekon Kesugihan Serap DD Untuk Pambangunan Pekon

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top