Geliat Lampura

Dikan Lampura Bagikan 295 Ekor Benih Ikan

Lampung Utara, www.lampungmediaonline.com – Melalui Dinas Perikanan (Dikan) Lampung Utara dalam waktu dekat ini akan membagikan bantuan 295 ribu benih ikan yang terdiri dari benih ikan Mas, Nila dan Lele kepada para kelompok tani perikanan yang ada di kab. Lampura

Tak hanya itu, kelompok Unit Pembenihan Rakyat (UPR) juga akan diberikan bantuan calon indukkan yang unggul. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perikanan, Paswani Hasyim saat ditemui diruang kerjanya selasa (8/11).

Menurutnya, batuan benih dan bibit ikan itu diberikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lampura tahun 2016 ini. “ Ya ini semua merupakan program Bupati melalui dinas kami. Karena dia (Bupati) ingin setiap program harus menyentuh langsung kepada masyarakat,” terang Paswani.

BACA JUGA:  Kunjungan Kerja Bupati Lampung Utara

Selain itu, kata Paswani, ada juga bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan  Perikanan (KKP) berupa bantuan alat untuk pengolahan hasil perikanan (alat pengemas) yang berfungsi sebagai nilai tambah, serta bantuan berupa sarana dan prasarana perikanan senilai 55 juta rupiah per kelompok. “ Bantuan pusat ini berdasarkan pengajuan proposal dari kelompok yang telah kita verifikasi sebelumnya sebelum dikirim ke pusat,” kata Paswani seraya menjelaskan bahwa dikabulkan atau tidaknya pengajuan proposal itu tergantung penilaian pusat sendiri.ucapnya

BACA JUGA:  Dinas Sosial Lampura Gelar Sosialisasi Program Keluarga Harapan TA. 2020

Selain bantuan diatas, Dikan sendiri pada tahun ini telah memberikan 50 buku sertifikat lintas sektor sebagai bukti hak atas tanah budidaya perikanan serta  beberapa titik sumur bor bagi kelompok budidaya perikanan (Pokdakan)” Kita sudah berikan 50 buku sertifikat tahun ini, untuk tahun depan (2017) kita juga telah mengusulkan kembali 50  buku sertifikat yang mana ke semua telah diproses dan gratis. Ditambah lagi sumur bor untuk kelompok budidaya ikan” seru Paswani.

Informasi yang dihimpun, Dikan Lampura telah selesai memverifikasi 21 kelompok Unit Pembenihan Rakyat yang akan memperoleh bantuan bibit unggul ikan. Sedangkan lainnya masih dalam proses. Pemberian bantuan itu sendiri direncanakan pada bulan November ini hingga  awal Desember mendatang. (K)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top