Geliat Lamsel

Diduga Sejumlah Sekolah Madrasah Di Lamsel Gelembungkan Data Penerima Dana BOS

Lampung Selatan,www.lampungmediaonline.com-Disinyalir hampir seluruh sekolah Madrasah se-Kabupaten Lampung Selatan melakukan pengelembungan data siswa penerimaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)yang datanya diajukan semua sekolah melalui Kementrian Agama(Kemenag) kabupaten Lampung Selatan.

Kecurangan data siswa itu diduga dilakukan oleh oknum kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah(MI) dan Matlaul Anwar(MA)di wilayah Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan(Sang Oknum)mengeruk keuntugan dari dana Bos dengan cara memalsukan data siswa.

Bedasarkan informasi yang dihimpun,pengelembungan jumlah siswa penerima bantuan Bos dimasing -masing sekolah madrasah dibawah naungan kementrian Agama(Kemenag)Lamsel itu,pada prakteknya direkayasa oleh oknum-oknum kepala sekolah untuk mendapatkan dana bos setiap tiga bulan sekali.

Modusnya lagi,jumlah siswa penerima dana BOS MA di Dusun Bakaraya Desa Bandar Dalam pada tahun 2016-2017,berdasarkan keterangan peryataan yang ditulis sang oknum Kepala Sekolah, menyatakan jumlah siswa di MA tersebut sesuai dengan data siswa sebanyak 45 Siswa,namun pada kenyataannya data siswa yang diajukan untuk pencairan dana BOS sebanyak 95 orang.

BACA JUGA:  Panwaslu Katibung Lantik 12 Panwaslu Desa

Dan untuk jumlah Siswa MI di Desa Siring jaha,dari 135 siswa yang diajukan sebanyak 175 Siswa.Hal ini tentunya jauh dari kenyataan sebenarnya,dimana cara-cara seperti ini sudah sangat merugikan negara.

Pernyataan itu dikatakan oleh salah satu warga Sairudin Saat dirinya menemui sejumlah oknum Kepala Madrasah di Kecamatan Sidomulyo.Menurut Sairudin,sehubungan dengan telah dan sedang terjadinya dugaan pelanggaran hukum seperti yang tercantum diatas,sesuai pasal 263 (KUHP)Pidana Ayat(1)yang berbunyi ,barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat menimbulkan sesuatu hak pembebasan hutang atau yang diperuntukan seolah-olah isinya benar dan tidak palsu,diancam jika pemakaian tersebut dapat menimbulkan kerugian,karena pemalsuan surat,dengan pidana paling lama enam tahun.

“Kita sudah  tembuskan hal ini ke kejati Lampung di bandar Lampung kepada oknum kepala sekolah yang melawan hukum, yang telah mencoreng dunia pendidikan agama.”Tukasnya.

BACA JUGA:  Warga Dusun Sinar Bekasi Mengeluhkan Jalan Rusak dan Berdebu

Lebih lanjut Sairudin mengatakan,Ayat (2) diancam dengan pidana yang sama barang siapa dengan sengaja memakai surat palsu atau yang dipalsukan seolah-olah sejati,jika pemakaian surat itu menimbulkan kerugian,Junto UU No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.Dan Pasal(2)ayat (1)setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korkoporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara,dipidana penjara dengan penjara seumur hidup atau penjara paling singkat 4(empat)tahun dan paling lama dua puluh(20)Tahun dan denda paling sedikit Rp.200.000.000,-(dua ratus juta rupiah).

“ Tindakan manipulasi data ini sepertinya sudah menjadi kebiasan,saya menyayangkan pak Azhari M,Ag.selaku Kepala Seksi(Kasi)Madrasah Pendidikan agama(Mapenda)Lamsel menyarankan kepada oknum kepala madrasah,untuk uang yang diambil akan dikembalikan Kenegara” Ujar Sairudin.

Sementara itu ,Azhari M,Ag.Kepala Seksi (Kasi) Madrasah Pendidikan Agama(Kemenag)Kabupaten Lampung Selatan Saat dikomfirmasi mengatakan, apabila ditemukan Mark up data siswa pencairan dana bos oleh kepala madrasah seraya dirinya(Azhari Red)perintahkan kepala sekolah untuk mengembalikan uangnya kenegara.

BACA JUGA:  Resmi mendaftar "Muhammad Mahbud Mantabkan diri Menjadi Bakal Calon Kepala Desa Budi Lestari Kecamatan Tanjung Bintang".

“Kita sudah bentuk tim turun maka temuaan itu akan kita cocok kan”Katanya.

Ditempat Terpisah,Kanwil Kementrian agama(Kemenag)Provinsi Lampung Melalui Humasnya Istuti Ningsih Saat dimintai tanggapannya,senin(23/10),mengatakan, terkait hal Itu dirinya(Istitutiningsingsih_RED) akan mengkomfirmasi lebih dulu  ke Kementrian agama(Kemenag) Wilayah Lampung Selatan. (Hen)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top