Geliat Pesawaran

Dekranasda Pesawaran Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya

Pesawaran,www.lampungmediaonline.com– Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) kabupaten Pesawaran ,Ny.Nanda Indira Dendi SE membuka Workshop Pembinaan Dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya, Media Desain Dan Iptek Sekaligus Pemberian Bantuan Tekang Tapis Kepada Kelompok Pengrajin Tapis Kecamatan Negeri Katon Dan Kecamatan Gedong Tataan. Yang bertempat di Aula Pemkab Pesawaran. Selasa,(10/10/17).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh ketua Dekranasda Pesawaran,wakil ketua Dekranasda pesawaran, ketua Dharma Wanita Persatuan Pesawaran, wakil ketua II DPRD pesawaran beserta anggota DPRD, Narasumber (Bank BI dan desainer) kadis koperasi dan UKM, kadis PPKB, kadis pariwisata, kabag perekonomian. Camat gedongtatan, camat teluk pandan, sekcam negeri katon.

BACA JUGA:  Peresmian Galeri Investasi di Desa Hanura, Gubernur Arinal Berharap Desa Inklusi Keuangan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Dalam sambutannya,Ny Nanda Indira Dendi mengatakan,tapis merupakan salah satu kerajinan tradisional Lampung yang mencerminkan hubungan yang selaras antara sang pencipta, alam dan manusia, dan juga merupakan warisan seni dari nenek moyang  yang tak ternilai harganya. Selain telah menetapkan pusat pengembangan tapis di Negeri Katon sebagai langkah awal penggerak pengembangan UMKM Tapis di Kabupaten Pesawaran.

“Pemerintah Kabupaten Pesawaran pada Tahun Anggaran 2017 ini telah melakukan pengadaan Tekang (alat tenun tapis) sejumlah 30 unit. Pengadaan tapis ini sebagai pelaksanaan program Pelaksanaan Program Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya Media Desain”Kata Nanda.

BACA JUGA:  TP PKK Pesawaran Menyambangi Desa Banjaran & Desa Gunung Rejo

Tekang tersebut akan diberikan kepada kelompok pengrajin tapis, sebagai awalan untuk pengrajin yang berada di wilayah Kecamatan Negeri Katon sebanyak 25 unit dan Kecamatan Gedong Tataan sebanyak 5 unit, dengan harapan program ini nantinya akan berlanjut terus, sehingga dapat memudahkan para pengrajin dalam beraktivitas serta berproduksi guna menghasilkan karya seni tapis yang lebih indah dan bernilai tinggi, yang tentunya juga akan berpengaruh pada perekonomian dan peningkatan kesejahteraan para pengrajin tapis itu sendiri.

“Kami selaku Dewan Kerajinan Nasional Daerah juga akan terus berupaya dan berjuang dalam membantu pemerintah daerah serta stakeholder untuk memberi ide, gagasan akan langkah yang strategis dalam rangka peningkatan UMKM secara umum serta tapis secara khusus di Bumi Andan Jejama” Ungkap nya.(Hidar/*)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top