Geliat Tanggamus

DBD Di Tanggamus Mewabah, Terdata 19 Kasus 1 Meninggal

Tanggamus www.lampungmediaonline.com  – Virus penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD) Kabupaten Tanggamus, setiap tahunnya semakin mewabah. Tehitung April 2017 sudah 19 kasus korban DBD sebagaimana data Dinas Kesehatan setempat, satu di antaranya meninggal dunia. Dinas Kesehatan berupaya untuk mengantisipasi penyebaran DBD.
Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular, Syaifullah, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Sukisno,mengatakan, kasus DBD di Tanggamus cukup tinggi, dengan 19 kasus tersebut, bisa dikatakan fluktuatif turun dibandingkan tahun sebelumnya.
Dari 19 kasus DBD sendiri, jumlah tertinggi ada di wilayah Puskesmas Kota Agung sebanyak 6 kasus, Puskesmas Gisting 3 kasus, Puskesmas Margoyoso 2 kasus termasuk yang meninggal dan Puskesmas Rantau Tijang di Pugung 2 kasus.
Selebihnya satu kasus atau tidak didapati kasus DBD. Untuk Kota Agung dan Kecamatan Gisting merupakan wilayah endemis kasus DBD dan jumlah kasusnya pun selalu tinggi. Sedangkan untuk Sumber Rejo dan Pugung termasuk sedikit, meski ada kasus di tiap tahunnya.
“Salah satu penyebab tingginya kasus DBD di Tanggamus diketahui, padatnya lingkungan tempat tinggal, seperti di Kecamatan kotaagung dan Gisting, sehingga mempengaruhi cepatnya penyebaran virus dangue yang ditimbulkan dari gigitan nyamuk aedes agpthy tersebut,”katanya.
Sementara secara umum, langkah yang bisa dilakukan dengan mengantisipasi untuk berperilaku 3 M, yaitu menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas yang bisa menampung air. Dalam hal ini media air harus diminimalisir, sebab itu menjadi tempat bertelur nyamuk yang akibatnya jumlah populasi nyamuk pun meningkat dan menyebabkan wabah DBD. Selain itu perilaku hidup sehat pun mesti ditingkatkan. (man)
BACA JUGA:  Tanggamus Di Gegerkan Dengan Pembunuhan Sadis

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top