Geliat Pesawaran

BUMDES BERKAH DESA CELIMUS DI BUDIDAYA IKAN TAWAR

Pesawaran LM.Desa celimus termasuk desa termuda pecahan dari desa hurun pada tahun 2012 hingga penitip pada 2015 lalu kini desa tersebut semakin berkembang dan sudah nampak ada kemajuan di tahun 2019.

Desa celimus pertamakali nya dipimpin oleh kepala desa celimus A yani, desa tersebut kini sudah banyak pembangunan seperti program dari pemerintah pusat.

Pemerintahan desa celimus sudah ada badan usaha milik desa (Bumdes) pemerintahan desa celimus mengolah usaha kolam ikan sebanyak 9 kolam dengan ukuran kolam berkisar ada 200 m,dan 100 m.

Pemerintahan desa celimus menerima program GADIS dari bupati pesawaran Hi Dendi ramadhona ST sebesar RP.100,000,000,00. Diperuntukan budidaya ikan tawar di pergunakan untuk badan usaha milik desa (BUMDES).

Pemerintahan celimus menabur 7500 berbagai bibit ikan tawar seperti bubit ikan nila dan ikan mas.

Pemerintahan celimus juga memiliki bumdes pertamini sudah berjalan dan tempat isi ulang depotd air galon,serta disbutor sembako sudah berjalan sejak lama bahkan sudah 30 warung didesa celimus berlanganan di bumdes Berkah desa celimus kecamatan teluk pandan.

BACA JUGA:  Marak Jambret, Warga Diminta Waspada

Pemerintahan desa celimus dan kepala desa celimus A yani berserta jajarannya mengundang tim dari kecamatan teluk pandan nampak hadir camat teluk pandan zulkifli nuoh,seketaris camat teluk pandan Hadi,dan setap hali camat teluk pandan,kepala desa celimus A yani,seketaris desa celimus,ketua BPD celimus,apratur desa celimus,tokoh masyarakat celimus,tokoh pemuda celimus,tokoh agama celimus.

Rombongan tim dari kecamatan langsung neninjau langsung bumdes desa celimus,pertama kali di peninjauan oleh tim dari camatan teluk pandan seperti 9 kolam budidaya ikan tawar,dan langsung meninjau langsung bumdes lainnya seperti isi ulang galon.

Kami wartawan harian lampung media wancarai kades celimus mengenai tujuan bumdes tersebut.

BACA JUGA:  Makna Sumpah Pemuda Bagi Bupati Pesawaran

Menurut kades celimus A yani niatcdan tujuan bumdes kami buat kolam budidaya ikan tawar dan pertamini,juga isi ulang galon air,serta disbutor sembako agar untuk permudahkan masyarakat celimus tidak jauh jauh mencari langanan seperti isi ulang galon dan kami buat disbutor sembako,kata kadesvA yani.

Dan allahmdulilah seperti isi ulang air galon dan dibutor sembako sudah ada 30 warung berlangan di bumdes berkah celimus ini,jelas kades A yani.

Dan kami pemerintah desa celimus juga menambah bumdes kami pemerintahanvdesa celimus sengaja kamu buat 9 kolam hapir sekitar luas setengah haktar,kata kades.
Bahkan kami isi sembilan kolam tersebut s jumlah 7500 ekor bibit ikan nila dan ikan mas,jelas A yani.

A yani menambahkan saya selaku kepala desa celimus sengaja mengundang tim dari kecamatan teluk pandan di hadiri juga pak camat teluk pabdan zulkifki nuohbdan setap kecamatan teluk pandan telah hadir.

BACA JUGA:  Ngopi versi Rumah Zakat di desa Berdaya

Supaya dari kecamatan meninjau langsung usaha milik desa celimus seperti apa,kata A yani.

Kami benar benar memperkembangkan usaha ini yang telah di berikan oleh bapak bupat pesawaran menurunkan anggaran program Gadi sebesar 100,000,00 diperuntukan budidaya ikan tawar,bertujuan untuk demi mensejhtrakan masyarakat celimus,masyarakat senang kami pun ikut senang,lagi lagi kata kades.

Kades ahmad yani menambahkan dirinya berniat untuk memajukan dan memperkembangan dan mempertumbuhkan perekonomi masyarakat desa celimus,”tutur kades ahmad yani.(hidar)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top