Geliat Tanggamus

Blangko KTP-e Masih Kosong Pencetakan KTP-e Terhenti

Tanggamus, www.lampungmediaonline.com -Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanggamus hingga kini belum dapat memastikan, kapan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dapat segera dilaksanakan, pasalnya hingga kini Blangko masih kosong, sementara sudah ada Sekitar 13.000 lebih, masyarakat Tanggamus yang telah melakukan perekaman. Kepala Disdukcapil Tanggamus Irsan Rianto mengatakan, memang pada tahun 2016 lalu, Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjendukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI berjanji pada Januari 2017, blanko KTP-el sudah siap didistribusikan. Namun nyatanya, saat ini berdasarkan info terakhir yang diterima, masih dalam proses lelang tender, jadi tidak tahu apakah pertengahan atau akhir Januari nanti.
“Atau mungkin nantinya ketersedia blanko pada bulan Februari 2017 mendatang. Karena kan pada 2016 lalu terjadi gagal lelang, nah biasanya, berdasarkan kejadian tahun tahun sebelumnya, dapat dipastikan bulan Maret/April akan tersedia. Tapi kan Kemendagri berjanji akan tersedia bulan Januari 2017 ini. Ya kita tunggu saja bagaimana selanjutnya,” kata Irsan yang didampingi Kabid Kependudukan Riza Husna, jum’at (6/1).
Ia menjelaskan, hingga saat ini. Perekaman sudah mencapai 80 persen atau 348.601 dari wajib KTP 443.874. Dimana dari jumlah tersebut, yang sudah tercetak menembus angka 306.298 KTP-el. Angka tersebut belum sepenuhnya global dari kecamatan yang ada di Kabupaten Bumi Begawi Jejama ini. Karena data per-Desember 2016 belum sepenuhnya terkumpul, baru hanya ada 10 kecamatan saja yang sudah merekap data dan diserahkan ke Disdukcapil Tanggamus.
“Kita mengajukan blanko KTP-el ke pusat sekitar 15.000 lebih, karena melihat jumlah warga yang sudah merekam ada sekitar 13.000 lebih dan itu belum tercetak. Jadi meminta lebih blanko nya, kalau pun nantinya sampai pada saat pendistribusian blanko berjalan jumlah perekam sudah melebihi angka yang ada, kita akan mengajukan tambahan,” jelasnya.
Riza Husna menambahkan, bahwa tidak ada yang namanya target penyelesaian perekaman KTP-el 100 persen pada awal, pertengahan atau akhir tahun. Karena diprediksi, sebelum akhir tahun, semua masyarakat kabupaten ini sudah melaksanakan perekeman. Dan bagi yang sudah merekam KTP-el untuk sementara diberikan surat keterangan identitas sementara, yang berisi bahwa sudah melakukan perekaman data KTP-el.
“Jadi begitu blanko sudah didistrubusikan, maka tinggal kita cetak saja. Dan surat identitas sementara sudah otomatis tidak berlaku lagi. Ya yang pastinya bersabar saja menunggunya. Karena kita pun inginnya cepat, agar semua masyarakat yang sudah melakukan perekaman bisa punya fisik KTP-el,” ucapnya.
Ia juga mengatakan, selama ini kendala yang dihadapi dimasyarakat adalah, masih kurangnya kesadaran dari masyarakat akan memenuhi adminduk, yang mana adanya kelengkapan adminduk sangatlah penting untuk keperluan finansial hidup. Tapi, jika ada keperluan mendesak, masyarakar menginginkan dengan cepat. Namun dengan persyaratan yang kurang lengkap.
“Nah disinilah kadang kita itu sedih. Karena apa?, karena tak sering kita ini dibilang  mempersulit masyarakat yang butuh KTP-el. Padahal mah tidak sama sekali. Maka dari itu saya menghimbau untuk meningkatkan kesadaran dalam melengkapi adminduknya, seperti melaksanakan perekaman KTP-el di kantor kecamatan didaerahnya masing-masing,” tegasnya.(man)
BACA JUGA:  Pekon Tugupapak Membangun Dana Desa Sesuai Harapan Masyarakat

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top