Geliat Lamsel

Bidan Desa Sindang Sari Adakan Pelatihan Ke Pada Ibu Hamil.

Lampung Selatan.www.lampungmediaonline.com Profesi bidan merupakan profesi yang mulia, bagaimana tidak hari-hari kerap diisi dengan persalinan ibu hamil. Sebagai tenaga profesional yang bermitra dengan kaum hawa bidan rupanya tidak hanya membantu persalinan, tetapi bidan pun juga memberi dukungan, asuhan, nasihat untuk ibu hamil hingga melahirkan.

Bahkan, peran bidan tidak hanya sekedar sampai melahirkan saja, tetapi setelah melahirkan pun masih berperan dalam tumbuh kembang anaknya.

Hal ini terlihat di Kantor Desa Sindang Sari Kecamatan Tanjung Bintang dimana Bidan Desa setempat Eka Wijayanti melakukan pelatihan dan penyuluhan untuk ibu-ibu hamil di wilayah kerjanya, Rabu (16/09/2020).

Eka Wijayanti selaku Bidan Desa setempat menerangkan kepada Lampung Media dalam kegiatan hari ini di adakan kelas penjaringan ibu hamil Risti (Risiko Tinggi). Karena perlu nya pengetahuan bagi ibu hamil dari usia Nol bulan sampai usia 9 (Sembilan) bulan untuk menjaga kesehatan kandungan sampai mendekati masa persalinan.

BACA JUGA:  Sosialisasi New normal dan juga pemantauan Comorbid di Desa Purwodadi Dalam

“Kami lakukan pemaparan kepada ibu-ibu hamil bagaimana cara mendeteksi kehamilan berisiko tinggi. Tanda-tanda bahaya kehamilan, tanda-tanda mendekati persalinan dan bagaimana cara senam ibu hamil. Dalam pelaksanaan kegiatan kami tetap mengutamakan protokol kesehatan,” ungkap Eka Wijayanti.

“Jadi dengan adanya pelatihan yang kita lakukan kepada ibu hamil (Bumil) mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang kemudian bisa di gunakan untuk mendeteksi risiko tinggi dalam kehamilan. Kami juga melakukan cek kepada bumil mana yang berisiko tinggi, kalau kita sudah tahu dari sekarang, nanti bisa kita kondisikan keadaannya. Kalau memang dia berisiko bisa kita rujuk ke rumah sakit,” lanjutnya.

Dia menambahkan,” Seharusnya kegiatan ini rutin kita lakukan setiap bulannya, namun karena dampak pandemi covid 19 dan kita tidak boleh berkerumun, mengumpulkan orang banyak maka kegiatan ini kami lakukan 6 (enam) bulan sekali.

BACA JUGA:  Tim Himel Konsultasi Ke Bawaslu Terkait Syarat Gugatan Ke KPU

“Dalam kegiatan ini tidak hanya untuk ibu hamil saja, namun untuk lanjut usia (Lansia) juga. Kalau untuk lansia kita lakukan cek tensi darah, berat badan dan juga pemeriksaan kesehatan, apakah ada yang terdampak penyakit menahun atau tidak.
Jika kita temukan ada lansia dengan keluhan penyakit maka akan segera kita lakukan tindakan, dalam hal ini kita akan lakukan rujukan ke fasilitas kesehatan,” imbuhnya.

Harapannya semoga dengan ada nya kegiatan ini ke depan bumil dapat mengerti materi yang saya paparkan, yang berisiko bisa terdeteksi dari awal dan dapat menjaga kesehatan kandungan nya sampai ke persalinan, tentunya untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi,” tutupnya.

Sementara itu Derti salah satu Ibu hamil yang mengikuti pelatihan tersebut mengatakan,” Penjelasan dari Ibu Bidan tadi pasti akan saya laksanakan, karena ini kan demi kesehatan calon bayi saya. Maka semua anjuran dari ibu bidan akan saya patuhi. Harapan saya semoga dengan adanya pelatihan ini saya dapat menjaga kesehatan kandungan saya sampai waktunya persalinan nanti dan semoga semua berjalan lancar dan sehat,” ungkapnya.(Arif)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top