sport

BEBERAPA MANFAAT BERLATIH BELADIRI TAEKWONDO, SEPERTI PERAIH EMAS PERTAMA ASIAN GAMES 2018  DEFIA ROSMANIAR

Bicara mengenai olahraga bela diri, banyak manfaat yang bisa didapat wanita bila menekuninya. Salah satu atlet taekwondo wanita kebanggaan Indonesia adalah Defia Rosmaniar yang berhasil meraih emas di nomor individu poomsae putri,  dan menjadi orang pertama yang menyumbangkan emas untuk Indonesia pada ajang Asian Games 2018  di Jakarta Convention Center, Jumat (19/8).

“Olahraga bela diri membantumu mempelajari cara baru yang bertenaga untuk menggunakan tubuhmu,” ujar Dan Roberts, pimpinan Dan Roberts Group personal training di New York City dan London, mengutip laman Shape.

5 Manfaat Berlatih Taekwondo

Bagi kamu yang berminat mencoba berlatih bela diri seperti taekwondo, berikut sederet manfaatnya.

  1. Mampu melindungi diri sendiri

Salah satu aturan mendasar taekwondo adalah hanya boleh digunakan untuk olahraga, pertandingan, serta melindungi diri, bukan untuk tujuan menyerang.Namun, taekwondo juga termasuk salah satu bentukk bela diri terbaik untuk pertahanan diri. Ketika menghadapi situasi genting yang mengancam jiwa, taekwondo memungkinkanmu keluar dari kepungan musuh dengan selamat.

BACA JUGA:  Terkait Virus Korona, Pemain NBA Angkat Bicara

 

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat lain dari berlatih taekwondo secara rutin adalah meningkatnya rasa percaya diri. Ada beragam gerakan, pola, jurus, serangan, dan lainnya dalam taekwondo.Apalagi jika kita sering mengikuti turnamen untuk mengasah kemampuan sekaligus mengembangkan tekhnik bertarung kita,  semakin banyak pengalaman semakin PD kita dalam bertanding .Taekwondo juga bisa meningkatkan rasa percaya diri karena membantu kita menurunkan berat badan dan mengencangkan otot. Hal itu tentunya juga membuat postur tubuh lebih baik.

 

  1. Menyehatkan jantung

Perlu ketahanan jantung untuk bisa berlatih taekwondo selama 1 jam penuh. Dan untuk mendapatkan kemampuan itu, kamu perlu jenis latihan lain seperti running laps, circuit training, dan lompat tali. Itu semua dilakukan oleh atlet taekwondo untuk mendapatkan bentuk fisik yang baik.Berlatih satu jam penuh di kelas taekwondo tak sama seperti olahraga lari selama satu jam. Gerakan fisik konstan saat berlatih taekwondo akan memompa jantung dan meningkatkan detaknya.

BACA JUGA:  Perkenalkan Roster, Amartha Hangtuah Siap Hadapi IBL 2020

 

  1. Memperbaiki fokus

Manfaat mental bisa didapat dengan berlatih taekwondo, salah satunya memperbaiki fokus atau konsentrasi. Latihan terus-menerus untuk menguasai sebuah gerakan menjadi yang utama dalam taekwondo. Hal itu memerlukan fokus. Berlatih taekwondo juga dapat meningkatkan ketajaman otak karena saat berlatih otak kanan dan otak kiri akan sama-sama bekerja.

 

  1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Berlatih taekwondo juga bisa meningkatkan kelenturan tubuh. Alasannya, sebelum dan sesudah berlatih taekwondo, instruktur akan meminta kita untuk melakukan peregangan.Stretching atau peregangan jelas sangat bermanfaat karena bisa melemaskan dan melenturkan otot. Ini membantu mempersiapkan tubuh untuk berlatih dan mengurangi risiko cedera.Bila tubuh semakin lentur, manfaat kesehatan yang lebih besar juga bisa didapat seperti misalnya mengurangi nyeri punggung, mengurangi risiko cedera, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan lainnya. Jika tubuh kita menjadi lentur itu akan memudahkan kita untuk melakukan gerakan seperti tendangan atau pukulan.

BACA JUGA:  Sharapova Simpan Hasrat Jadi Bintang Film

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top