Geliat Tanggamus

Banjir Kembali Melanda Pekon Belu

Tanggamus, www.lampungmediaonline.com – Banjir yang melanda Pekon Belu Kecamatan Kota agung Barat Kabupaten Tanggamus pada Minggu malam, mengakibatkan kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Pekon Belu tersebut, denghentikan untuk sementara.

Hal itu karena banjir yang terjadi Minggu (24/9) sekira pukul 23.00 WIB tersebut merendam ruang Rombongan Belajar (Rombel), Perpustakaan serta Kantor Sekolah dengan ketinggian air mencapai 40cm. Sehingga mengakibatkan alat belajar mengajar diruang itu rusak berat.

Menurut Kepala Sekolah SDN 1 Belu Sutono, Spd menerangkan, banjir terjadi bukan hanya karna guyuran hujan lebat di malam itu saja, melainkan karena tanggul sungai Way belu yang jaraknya sekitar 100 m dari lokasi Sekolah jebol.

BACA JUGA:  Salah Menuju Lokasi, Damkar Terima Hujatan Warga

“Semalam memang terjadi hujan yang cukup deras, sedangkan sekolah kita sudah di pagar keliling, walau pun hujan deras air tidak akan masuk, tetapi karna tanggul sungai Way Belu jebol sehingga air yang berasal dari sungai tersebut meluap dan masuk ke lokasi Sekolah,” Kata Sutono, Senin (25/9).

Selain kegiatan belajar mengajar, kata Kepsek, genangan air yang masuk juga mengakibatkan ratusan buku pelajaran Kurikulum tahun 2013 (Kurtilas) yang di anggarkan dari dana BOS, buku perpustakaan dari Pemerintah dan buku prefensi, sekitar 400 examplar yang terletak di rak perpustakaan paling bawah rusak parah.

“Selain itu juga masih ada berkas berkas penting, bahan Akreditasi 90 map, buku lapor siswa kelas 5 sebanyak 24 buah dan alat musik,” jelasnya.

BACA JUGA:  Tingkatkan profesionalisme guru PAI, PERGUNU Gelar Seminar Sehari

Lebih lanjut, Sutono menjelaskan, untuk mengurangi dampak kerugian akibat banjir, pihaknya saat ini tengah berupaya untuk memilah buku buku yang masih bisa di gunakan.

“saat ini kita berupaya untuk mengeringkan buku agar bisa di gunakan kembali, mudah mudahan jika kering bisa digunakan kembali,” kata dia.

Sutono berharap, karna letak sekolah yang di apit oleh dua sungai, yakni sungai way awi dan sungai Way Belu sehingga membuat sekolah tersebut menjadi langganan banjir, untuk itu agar pihak pihak terkait dapat mengatasi permasalahan yang di alami sekolahnya.

BACA JUGA:  Bupati Tanggamus Samsul Hadi Resmikan Rest Area Taman Gisting Dan Jembatan Way Lansbaw

“Ini bukan yang pertama mas, di tahun 2013 juga pernah terjadi, Tanggul inikan urusan Kabupaten, jadi harus ada kerja sama antara Pekon dan Kabupaten, dan kita juga akan berkordinasi dengan Dinas terkait untuk dapat segera menyelesaikan masalah tersebut,” harapnya. (man)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top