Geliat Lambar

Asisten Buka Rakor Pop Triwulan Ke III

Lampung Barat, lampungmediaonline.com – Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan Pembangunan (Rakor POP) Triwulan III Tahun Anggaran 2016 yang di laksanakan oleh Pemkab Lambar Melalui Bagian Pembangunan Sekdakab Lambar yang di Buka oleh Asisten II Bidang Perekonomian Ir. Noviardi Kuswan di Hadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Adi Utama, Asisten III Bidang Administrasi Umum Gunawan Rasyid, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat serta Peserta Rakor POP, yang dilaksanakan di Aula Keangungan Pemkab Lambar Selasa, 18/10.

Dalam sambutanya Asisten II Bidang Perekonomian Ir. Noviardi Kuswan Menyampaikan berbagai kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan melalui Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan Pembangunan (Rakor POP) Triwulan III Tahun Anggaran 2016 dengan harapan mudah-mudahan, kita semua selaku jajaran pemerintahan daerah Kabupaten Lampung Barat dapat bersinergi satu sama lain dan bersatu padu dalam upaya meningkatkan kinerja pemerintah sesuai bidang tugas, fungsi dan kewenangannya  masing-masing.

Kemudian sebagaimana dipahami bersama bahwa dalam rangka mewujudkan pelaksanaan APBD secara tepat waktu, tepat mutu, tepat sasaran dengan didukung oleh tertib administrasi yang prima, salah satu upaya yang ditempuh adalah  melakukan pengendalian kegiatan secara intensif yang dilaksanakan secara internal oleh masing-masing pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran.

BACA JUGA:  Dukung Bidang Keagamaan, Pemkab Lambar Luncurkan Program Bantuan

Selanjutnya perlu dipahami bersama bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan merupakan mata rantai yang saling berkesinambungan yang tidak ada putusnya. “oleh karena itu, perlu saya tekankan bahwa aktivitas pengendalian tidak terbatas dalam bentuk rapat, melainkan dalam bentuk-bentuk lainnya seperti konsultasi, koordinasi, surat menyurat dan lain sebagainya yang secara keseluruhan ditujukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan. Melalui upaya pengendalian secara sistematis tersebut diharapkan agar produktivitas kegiatan dapat tercapai sebagai bagian dari perwujudan pelayanan publik secara prima kepada masyarakat”, Jelasnya.

Masih kata asisten melalui kesempatan rakor pop ini, penting kiranya saya menggaris bawahi hal-hal sebagai berikut yaitu melakukan pembenahan dan perbaikan-perbaikan yang dianggap perlu terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan terus bekerja lebih keras lagi dan berkarya nyata  dalam membangun kabupaten lampung barat sesuai norma dan kaidah yang berlaku.

Semua Pimpinan SKPD harus dapat mengendalikan seluruh kegiatan di lingkup SKPD nya sehingga seluruh kegiatan yang telah dianggarkan dapat terselesaikan dengan baik terlebih lagi saat ini sudah memasuki Triwulan IV sehingga tinggal beberapa bulan kedepan untuk dapat menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan yang diharapkan dapat berjalan secara efektif, selesai tepat pada waktu yang telah ditentukan. “kepada para camat selaku pejabat wilayah, saya tekankan agar senantiasa bersikap proaktif untuk berkordinasi dan berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait, terhadap seluruh kegiatan yang diselenggarakan di wilayah kerjanya”, Tutupnya.

BACA JUGA:  TINGKATKAN SILATURAHMI PEMKAB LAMBAR GELAR HALAL BI HALAL

Sementara itu berdasarkan laporan Ketua Panitia Bagian Pembangunan Sekdakab Lambar Indra Gunawan, S.Hut.,Mp Menyampaikan Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat No. 7 Tahun 2015 Tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2016.

Kemudian tujuan dari Kegiatan Ini Dilaksanakan Bertujuan Untuk Mengevaluasi Pelaksanan Seluruh Kegiatan Fisik Maupun Keuangan, Serta Memecahkan Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Dalam Rangka Pelaksanaan Kagiatan Pembangunan Di Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggaran 2016. “Peserta Pada Acara Rakor Pop Terdiri Dari Seluruh Pengguna Anggaran, PPK Dan PPTK Serta Para Camat Se- Kabupaten Lampung Barat berjumlah kurang lebih 250 orang”, Jelasnya

Kemudian pihaknya juga menyampaikan berdasarkan Realisasi Kegiatan Perda Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Perubahan Anggaran Tahun Anggaran 2016 Total Apbd Sebesar Rp. 1.142.239.059.789,82., Terdiri Dari Belanja Tidak Langsung , Rp.609.483.400.060,82 danBelanja Langsung     Rp.532.755.659.729,00.,Dari Jumlah Tersebut Terdiri Dari : 1.925 Kegiatan Fisik Dan Non-Fisik Yang Ada Pada Seluruh Satker, Realisasinya Sampai Dengan Bulan September 2016 Adalah 0 %   Berjumlah 206 Kegiatan,1 – 50 %   Berjumlah 407 Kegiatan, 51 – 75 %  Berjumlah 581 Kegiatan,76 – 100 % Berjumlah731 Kegiatan

BACA JUGA:  HUT RI ke 72, Pemkab Lamabar Gelar Perlombaan Olahraga Rekreasi

Selanjutnya Realisasi APBD Berdasarkan Laporan Tepra yaitu realisasi Fisik (Lambar 59,16%, dan Nasional sebanyak 50,98%), Realisasi Keuangan (Lambar 61,88 %, dan Nasional 44,27%). Kemudian Penyerapan Anggaran Tertinggi Untuk SKPD yaitu Kantor Pol PP 85.58 %, Dinas Pariwisata 81.52 %,Dinas Peternakan 73.74 %, RSUD 72.81 %, KLP 72.57 % dan Penyerapan Anggaran Tertinggi Untuk Kecamatan yaitu Balik Bukit 75.63 %,Lumbok Seminung 74.75 %, Sukau 74.74 %, Batu Ketulis 73.74 %,Pagar Dewa 73.51 %.

Lebih jauh pihaknya juga menyampaikan untukSKPD Tercepat Dalam Penyampaian Laporan adalah Dinas Perkebunan,Bagian Adm. Pembangunan, Kantor Layanan Pengadaan,Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil sertaDinas Energi Dan Sumber Daya Mineral.(TRS)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top