Nasional

Arus Balik Lebaran, Baru 4,2 Juta Warga Kembali ke Jakarta

Pemudik dengan menggunakan KA Kertajaya dan Matarmaja dari Jawa Timur tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (30/6/2017). Seiring dengan akan berakhirnya libur Lebaran, warga mulai kembali berdatangan dari kampung halaman dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 1 Juli 2017.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Jakarta, www.lampungmediaonline.com – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, sebanyak 4,2 juta warga telah kembali ke Jakarta pasca-Lebaran 2017. Hal tersebut diketahui berdasarkan data Arus balik Lebaran.

“Yang balik sekarang ini yang tercatat itu 4,2 juta,” ujar  Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, yang dikutip dari halaman Kompas.com. Senin (3/7/2017).

Sementara itu, jumlah warga yang meninggalkan Jakarta pada masa arus mudik sebanyak 6,4 juta. Jumlah tersebut dihitung hingga hari H Lebaran karena adanya warga yang mudik setelah melaksanakan shalat id.

BACA JUGA:  Memberangus Paham Radikal

“Berarti ada sekitar 2,2 juta yang belum balik,” kata dia.

Djarot meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta mencatat data kependudukan pasca-Lebaran dengan akurat.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Edison Sianturi mengatakan, data 4,2 juta warga yang kembali ke Jakarta itu bukan merupakan data pendatang baru.

BACA JUGA:  Larangan Mudik Diberlakukan, Jasa Marga Tindak Lanjut Rencana Penutupan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

“Itu jangan dipegang data pendatang baru, itu data yang keluar dan masuk ke Jakarta, arus mudik dan balik,” ucap Edison.

Edison menuturkan, pendatang baru akan dicatat dua pekan pasca-Lebaran. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan melibatkan RT dan RW di setiap wilayah.

“Data arus mudik-balik itu adalah data secara umum, belum faktual di lapangan. Nanti secara faktual di lapangan kami akan menyebarkan formulir kepada RT/RW,” kata Edison.(*)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top