Geliat Lampura

Agung Resmikan Mobil Online Adminduk Pertama Di Provinsi Lampung

Lampung Utara, www.lampungmediaonline.com – Agar pelayanan bisa terjangkau ke masyarakat di pelosok-pelosok untuk itu Pemkab Lampura melaunching Mobil Online pelayanan keliling untuk pembuatan administrasi kependudukan (Adminduk) di kabupaten Lampung Utara (Lampura) resmi di launching Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara di halaman pemkab setempat.jum’at (17/2).
Bersama dengan Sekretaris daerah kabupaten (Sekdakab), Samsir, Kepala Disdukcapil, Azhar Ujang Salim dan jajaran pejabat di pemkab setempat, Bupati mengatakan, mobil online pelayanan keliling ini merupakan yang pertama di provinsi Lampung. Mobil tersebut diharapkan dapat bermanfaat maksimal bagi masyarakat untuk mendapatkan adminduk. ” Selama ini pembuatan e-KTP, KK dan Akte gratis tetapi masyarakat masih harus mengeluarkan ongkos untuk datang ke Disdukcapil. Oleh karena itulah mobil ini diadakan untuk  melakukan pelayanan jemput bola ke masyarakat yang ada di pelosok-plosok,” ujar Agung.
Terkait operasional mobil dalam melakukan pelayanan keliling. Ketua partai Nasdem Lampura itu menyatakan, bahwa segala sesuatunya telah dianggarkan bahkan untuk honor para operator mobil. ” Semua telah disiapkan bahkan honor operator pun sebesar Rp 150 ribu per orang dianggarkan. Jadi jangan coba-coba ada pungutan lagi di lapangan,” seru Agung.
Rute mobil online itu sendiri, lanjut dia, ialah sesuai permintaan dari kecamatan-kecamatan yang telah mengajukan usulan yang masuk duluan. Untuk jumlah mobil online sendiri tentunya jika melihat dari luas kabupaten Lampura yang terdiri dari 23 kecamatan maka idealnya Lampura memiliki 4 unit mobil online. ” Idealnya sich dan maunya saya kita memiliki mobil empat unit. Jadi satu unit per daerah pemilihan,” pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Disdukcapil, Azhar Ujang Salim mengatakan, setelah dilaunching maka mobil tersebut akan langsung beroperasi keliling khususnya ke daerah pelosok. ” Kemarin sudah kita uji coba ke kecamatan Abung Surakarta, Alhamdulillah antusias masyarakat sangat besar. Nantinya jika semua tidak terkendala jaringan maka waktu untuk pembuatan e-KTP, KK dan Akte memakan waktu paling lambat 10 menit. Jadi masyarakat tidak terlalu lama menunggu,” terang Ujang.
Terkait kekosongan blanko e-KTP yang hingga saat ini masih kosong. Dia mengatakan bahwa kekosongan itu terjadi skala nasional karena proses pengadaannya masih berlangsung. ” Mudah-mudahan Maret blanko sudah ada. Untuk sementara kita buatkan masyarakat KTP sementara,” tutupnya seraya menambahkan bahwa di tahun ini akan ada lagi tambahan satu unit mobil serupa dari kementerian dalam negeri melalui direktorat jenderal kependudukan dan catatan sipilnya. (Khoiril)
BACA JUGA:  Bupati Tinjau Wisata Air Terjun Curug

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top