Geliat Lampura

Agung, Hadiri Serta Membuka Acara BBGRM dan HKG

Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara. S.STP.,M.H., bersama Forkopimda, Sekda dan Ketua TP. PKK Lampung Utara, menyerahkan piala pada cara BBGRM XIV dan HKG PKK Ke-45 Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017, di Desa Sumber Agung Kec. Abung Timur, Kamis 6 Juli 2017.

Lampung Utara, www.lampungmediaonline.com – Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH., menghadiri dan membuka Acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017 di Desa Sumber Agung Kecamatan Abung Timur. Kamis (6/7/2017).

Hadir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lampung Utara, H. Rahmat Hartono, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Drs. Samsir, MM., Para Asisten, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP.,MH., Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung  Hj. Dayuk Ratih Handayani Widodo, Ketua Himpunan Darma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Utara, Hj. Dewi Anggraeni Samsir, para Camat se-Kabupaten Lampung Utara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa selaku ketua Panitia, Ir. Wahab, MM., mengatakan Bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat  dan Hari Kesatuan Gerak PKK dilaksanakan untuk memperkokoh integritas sosial bangsa didalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan bagian dari sistem nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan untuk memperoleh hasil guna yang optimal bagi pertumbuhan kesejahteraan kehidupan masyarakat, utuk tujuan meningkatkan peran aktif masyarakat melalui  semangat kebersamaan membangkitkan semangat gotong royong.

Acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017 mengusung tema “Meningkatkan Sinergitas Program Pembangunan dan Partisipasi Masyarakat”.

BACA JUGA:  Plt Bupati Lampura Irup HUT ke-48 KORPRI, HGN dan PGRI ke-74 di Lapangan Stadion Sukung Kotabumi

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara mengatakan kegiatan gerakan PKK senantiasa menekankan prinsip-prinsip pemberdayaan dan partisipasi masyarakat melalui pemberdayaan keluarga, karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang menyediakan kebutuhan seluruh anggotanya. Program-program PKK bertujuan untuk memberdayakan keluarga sekaligus meningkatkan kesejahteraannya, menjadi sangat relevan untuk mengatasi berbagai persoalan keluarga.

Hj. Endah menjelaskan PKK menjadi motor penggerak sekaligus motivator, dinamisator dan fasilator ditingkat Provinsi hingga Desa. Dalam melakukan pembinaan dan penyuluhan pada masyarakat diharapkan dapat diterapkan oleh masyarakat sehingga peran wanita/ibu sebagai pendamping suami dapat berperan aktif dalam mewujudkan keluarga sejahtera.

Diakhir sambutannya, Ketua TP-PKK menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh kader PKK yang telah berbuat tanpa kenal lelah saling bahu-membahu guna mewujudkan terbangunnya keluarga yang sejahtera.

Penyerahan penghargaan dan bantuan secara simbolis berupa hadiah kepada pemenang lomba desa berprestasi, lomba desa KB Kesehatan. Bantuan program kegiatan di Kecamatan Abung Timur diantaranya alokasi dana Desa dan dana Desa, bantuan rehap gedung sekolah, bantuan infrastruktur jalan, bantuan benih dan alat pertanian, program kesehatan masyarakat. Bantuan/Kegiatan langsung diantaranya bantuan paket sembako bagi keluarga tidak mampu, sunatan massal, bantuan kolam terpal dan bibit ikan, donor darah, layanan KB gratis, layanan Dokumen Kependudukan, penyerahan KTP elektronik, bantuan benih pertanian dan alsintan berupa jagung hibrida, padi non hibrida, padi hibrida, bibit cabe besar, bibit nangka mini, hand tractor, pompa air, bantuan pemanfaatan pelarangan dan satu set sarana olahraga.

BACA JUGA:  KPU Lampura Gelar Rakor PDPB, Pada DPT Triwulan II Capai 444.500 Jiwa 

Sambutan Bupati Lampung Utara menjelaskan bahwa gotong royong sebenarnya merupakan ciri khas budaya bangsa Indonesia sejak dahulu, namun seiring perjalanan waktu dan masuknya  pengaruh budaya luar yang sangat individual saat ini, rasa kebersamaan dan gotong royong semakin memudar, kepekaan sosial mulai berkurang, tegur sapa serta kesadaran saling membantu sudah mulai luntur.

“Untuk itu, marilah kita galakkan lagi budaya gotong royong masyarakat. Karena hal ini sangatlah tepat untuk diterapkan dalam pembangunan Kabupaten Lampung Utara yang kita cintai ini. Ayo bersama-sama mengembalikan semangat gotong royong.” Kata Bupati Agung Ilmu Mangkunegara.

Selanjutnya mengenai Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 Tahun 2017 Kabupaten Lampung Utara diharapkan dapat memberikan makna mendalam dalam berkiprah dan berkarya secara nyata dalam menyumbangkan dharma bhaktinya bagi kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara, serta mengingatkan kita semua akan peran perempuan dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera. Mengingat gerakan PKK merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga.

“Keluarga yang hebat terlahir dari perempuan yang hebat. Oleh karena itu, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para Ibu PKK Kabupaten Lampung Utara yang telah melaksanakan berbagai kegiatan nyata yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.” Katanya.

Usai memberikan sambutan,  dilanjutkan dengan memukul kentongan sebagai tanda dimulainya Acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017, sekaligus melakukan peninjauan Bhakti Sosial sunatan massal, Pelayanan Kesehatan, pengrajin tenun, pameran makanan khas Daerah oleh Bupati Lampung Utara didampingi Ketua DPRD Kabupaten Lampung Utara, Dandim 0412 Kabupaten Lampung Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Ketua dan wakil TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Utara beserta OPD Kabupaten Lampung Utara.

BACA JUGA:  Kemenag Lampura Tangani Visa Jamaah Haji

Pada peninjauan stand pameran makanan khas Daerah, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara mencicipi makanan, dan mengharapkan kepada seluruh kader PKK agar makanan yang dipamerkan, dapat diperjualkan di Ruko yang ada di Anjungan PKK Lampung Utara.

“Makanan ini rasanya sangat enak dan dapat diancungi jempol, maka saya berharap kepada kader PKK dapat menjualnya di Ruko yang ada di Anjungan PKK sebagai oleh-oleh khas dari Kabupaten Lampung Utara” ujar Endah Kartika Prajawati.(lis)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top