Geliat Lampura

70 Persen Desa Bisa Cairkan ADD Tahap Dua

Lampung utara, lampungmediaonline.com – Alokasi Dana Desa (ADD) tahap kedua di kabupaten Lampung Utara (Lampura) dalam pekan ini bisa dicairkan. Kepastian pencarian itu diungkapkan, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) kabupaten setempat, Surya Ardianto, di ruang kerjanya.selasa (18/10).

Dikatakannya, paska dirinya menghadap ke kementerian dalam negeri untuk menyerahkan laporan pelaksanaan ADD tahap I beberapa waktu yang lalu, dia mendapatkan kepastian kucuran dana ADD segera akan ditransfer ke kas daerah. “ Ya habis saya menghadap ke kementerian dan menyerahkan laporan, pihak kementerian memastikan akan mentransfer dana ADD paling lambat pekan ini,” kata Surya.

BACA JUGA:  MERASA TERBANTU, TIKA BERHARAP LAYANAN JEMPUT BOLA BPJS KESEHATAN DIADAKAN KEMBALI DI DUSUNNYA

Jika dana sudah masuk ke kas daerah, lanjut Surya, maka akan segera ditransfer ke masing-masing rekening desa  yang ada dengan catatan desa yang telah menyelesaikan Surat Pertanggung jawaban (SPJ) tahap I. “ Ya desa yang telah selesai SPJ saja yang didahulukan. Yang lain tunggu SPJ selesai,”ujarnya.

Dari 232 desa yang ada baru sekitar 70 persen atau 162 desa yang telah menyelesaikan SPJnya. “ Kami menghimbau agar desa-desa yang belum segera menyelesaikannya. Karena ini aturan,” terang Surya.

Relatif secara keseluruhan, pelaksanaan ADD di Lampura berjalan baik. Namun Surya juga tak menampik kalau terdapat hal-hal yang kurang mengikuti standar dan prosedur penggunaan ADD. Akan tetapi semua bisa teratasi.

BACA JUGA:  Rombongan Santri dari Magetan Jatim Tiba di Kotabumi, dilakukan Pengecekan oleh Tim Posko Terpadu Covid-19

Terkait lamanya proses pelaporan dan peng SPJ an yang diduga akibat peran pendamping desa yang tidak maksimal. Surya enggan mengomentarinya. “ Masalah itu saya tidak tahu. Kami hanya sebatas koordinasi dan komunitas, selain itu masing-masing desa lah yang lebih tahu peran pendamping desa,” tutupnya.

Terpisah salah seorang yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, peran pendamping desa dirasa kurang optimal. “ Saya rasa kurang optimal, lihat saja mulai dari penyusunan berkas-berkas administratif hingga SPJ banyak desa yang belum. Nah ini kan juga ranah dan tanggung jawab mereka,” tegas nara sumber yang saat itu berada di kantor BPMPD (K)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top