Geliat Kota

24 Mahasiswa Asing Asal 7 Negara Hadiri Summer Programe Darmajaya

Bandar Lampung, www.lampungmediaonline.com – Summer Programe yang digelar Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya menjadi satu-satunya di Sumatera yang sukses menghadirkan 24 mahasiswa asing asal 7 negara. Hal itu diungkapkan Kepala Sub Bidang Kerjasama Direktorat Pembinaan Kelembagaan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi, Dr. Purwanto Subroto.

Summer Programe Darmajaya yang digelar mulai 19-23 Oktober 2016 diikuti 24 mahasiswa asing asal Jerman, Swedia, Vietnam, Kamboja, Thailand, China, dan Malaysia. Melibatkan 4 peserta International Internship Programeyang berasaldari Nigeria, Vietnam, dan Malaysia.

“Dari lebih 3000 perguruan tinggi se Indonesia, hanya 30 perguruan tinggi yang tahun 2016 berhasil memenangkan hibah program bantuan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Darmajaya menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera yang sukses mendatangkan 24 mahasiswa asing dari 7 negara melalui Summer Programe,” pujinya.

Purwanto Subroto mengapresiasi KUHI Darmajaya yang baru berdiri selama 3 tahun tetapi telah mampu meraih banyak prestasi.Meski Summer Programe Darmajaya baru kali pertama digelar namun sukses menghadirkan mahasiswa asing yangtak hanya berasal dari Asia tetapi hingga Eropa.

BACA JUGA:  Silaturahmi dengan Pengelola Media Sosial OPD, Gubernur Ridho Minta Jadi Garda Depan Perangi Hoaks

Menurutnya, Summer Programe Darmajaya menjadi kesempatan baik bagi para mahasiswa dari berbagai negara untuk belajar, dan berbagi pengetahuan tentang technopreneurship dan kebudayaan. Sehingga mereka termotivasi untuk tak hanya mampu bersaing di dunia kerja tetapi juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Menanggapi kegiatan tersebut, Rektor Darmajaya, H. Ir. Firmansyah Y Alfian, MBA., MSc, mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh peserta Summer Programeyang rela jauh-jauh datang ke Darmajaya dan lebih mengenal pariwisata Indonesia khususnya di Lampung.

“Darmajaya memiliki visi menjadi World Recognized University pada tahun 2023. Hadirnya 24 mahasiswa asing dari Asia, Eropa, dan Afrika ini menunjukkan bahwa cita-cita tersebut tidaklah sulit namun tetap memerlukan dukungan dari seluruh sivitas akademika Darmajaya dan pihak eksternal,” terangnya.

BACA JUGA:  Dalam APBD-P Kota Metro Belanja Langsung Alami Kenaikan Signifikan

Ia berharap, kehadiran mahasiswa asing di Kampus Darmajaya bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa Darmajaya untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai pembelajaran dan pengalaman dalam memperluas wawasan internasional guna membentuk mahasiswa menjadi lulusan-lulusan yang berkualitas, berkarakter, dan berdaya saing global.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional, Rahmalia Syahputi memaparkan, mengusung tema Empowering Technopreneur Through Knowlege and Cultural Sharing, Summer Programediisi dengan berbagai kegiatan.

Diantaranya, kunjungan industri ke PT Bukit Asam Tarahan Bandar Lampung. Disana mahasiswa belajar tentang proses, manajemen industri, dansupply chainlangsung dari lokasi industri.

Kemudian, peserta belajar tentang technopreneurshipmelalui game edukasidandiskusi bersama dosen dari 3 negara.Mereka yakni Zainebbevi KamalbatchadariCentre for Entrepreneurship and SMEs Development(CESMED) University Kebangsaan Malaysia, Komm Pechinthorn dari Rajamangala University of Technologi Krungthep Thailand, dan Anggi Andriyadi dari Darmajaya. Esoknya, hasildiskusiyang dilakukan di Elty Krakatao Resort,merekapresentasikandi AulaPascasarjana Darmajaya.

BACA JUGA:  SMAN 2 Kotabumi Raih Juara I Paduan Suara

Untuk mengenal kebudayaan, 24 peserta Summer Programe bersama4 mahasiswa asingInternational Internship Programejuga menampilkan pertunjukan seni seperti tarian tradisional, lagu, dan lainnya dalam opening ceremony. Beberapa dari mereka juga mengenakan pakaian khas negaranya.

Selanjutnya, Summer Programe juga diisi dengan kegiatan outbound internasional di Wira Garden yang diikuti mahasiswa Darmajaya dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bandar Lampung.(*/red)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top