Geliat Lamsel

Pembangunan dibidang Insfrastruktur, skala prioritas Musrenbangdes Karang Jaya Tahun 2021

Lampung Selatan,www.lampungmediaonline.com Desa Karang Jaya Kecamatan Merbau Mataram melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Tahun Anggaran 2021 yang bertempat di Aula Balai Desa setempat, Kamis (19/11/2020).

Giat tersebut dihadiri oleh Camat Merbau Mataram Heri Purnomo, SKM, Kapolsek Merbau Mataram, Iptu. Aspul Niswan, Babinkamtibmas dan Babinsa Desa, UPT Dinas Pertanian, UPT Dinas PUPR, UPT Dinas Peternakan, Pendamping Desa, Jajaran PKK, BPD, LPM, Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda serta Aparatur Desa setempat.

Pada kesempatan itu Kepala Desa (Kades) Karang Jaya, Rudi Hartono mengungkapkan,” Selain peningkatan di bidang kesehatan, perekonomian dan sosial, untuk Program Pembangunan di tahun 2021 Desa Karang Jaya juga memprioritaskan pembangunan dibidang infrastruktur.

BACA JUGA:  Ketua NU Kecam Pidato Bupati Zainudin Di Hari Santri Nasional

Pada Tahun Anggaran 2021 mendatang, Desa Karang Jaya akan melanjutkan pembangunan dibidang Insfrastruktur yang tertunda di tahun 2020 akibat dampak Covid-19.

“di Tahun Anggaran 2021, kita akan memprioritaskan pembangunan dibidang Insfrastruktur, terutama akan melanjutkan pekerjaan Insfratruktur yang pada tahun ini (2020.red) tertunda akibat dampak Covid-19,” Ungkapnya.

Selain itu, sambung Rudi dalam perencanaan pembangunan yang menggunakan APBD, pembangunan dibidang Insfrastruktur jalan menjadi skala prioritas Desa Karang Jaya, begitu juga untuk bidang Perekonomian dan bidang sosial. Desa Karang Jaya juga mengusulkan agar status Puskesmas Merbau Mataram yang sekarang sebagai Puskesmas rawat jalan bisa menjadi Puskesmas Rawat Inap.

“Untuk peningkatan bidang Kesehatan, perekonomian dan sosial itu juga menjadi prioritas utama Desa karang jaya,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Bupati Hadiri Rapat Kerja Komite II DPD RI dengan Menteri Pertanian RI

Sementara, Camat Merbau Mataram Heri Purnomo, SKM, menegaskan,” tujuan Pemerintah setiap pembangunan yang ada di Desa, itu benar benar berdasarkan dari usulan masyarakat, mulai dari dusun hingga Desa, dan hasil dari Musrenbangdes akan di bawa ke Musrencam hingga Musrenkab.

“Sebelumnya, kebijakan Pemerintah Pusat untuk pembangunan di Desa itu dengan pembagian, 4.2.2. dalam pengertian, 4 untuk Insfrastruktur, 2 untuk Perekonomian dan 2 untuk Sosial. Namun, sekarang kebijakan Pemerintah berubah menjadi, 5.5.5 yaitu, 5 untuk bidang Insfratruktur, 5 untuk bidang Perekonomian dan 5 untuk bidang Sosial,” tegasnya.

Dia melanjutkan,” apa yang sudah masuk pengajuan pada Musrenbangdes tahun sebelumnya, namun tidak bisa terlaksana pada tahun 2020 terutama di bidang Insfratruktur, padahal sudah masuk dalam E’planing, yang seharusnya bisa direalisasikan di tahun 2020 namun tertunda dikarenakan dampak Covid-19,” lanjutnya.

BACA JUGA:  KPU Tetapkan Hipni-Melin, Sebagai Paslon Bupati Dan wakil Bupati

“Makanya untuk tahun 2021 Pemerintah mengutamakan bidang pembangunan Insfrastruktur, terutama Insfratruktur yang tertunda tapi sudah masuk E’ planing,” tutup Heri.(Arif)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top