Opini

Destinasi wisata yang sedang trending topic dilampung

Lampung adalah salah satu dari beberapa provinsi yang terkenal akan destinasi tempat wisata nya di Indonesia yang cukup terkenal.Kota ini memiliki banyak sekali destinasi spot wisata keren yang pastinya akan membuat siapa saja jatuh cinta.Hal ini membuat wisata lampung menjadi sangat  menarik adalah keberagaman dari destinasi wisata yang ada.Kita bisa menemukan estinasi wisata mulai dari wisata budaya yang penuh makna,hingga wisata alam yang menawarkan kebebasan dan ketenangan.Salah satu destinasi baru-baru ini yang cukup menarik di lampung.

Kali ini kita akan membaas mengenai beberapa destinasi wisata di lampung yang baru-baru ini menjadi trending topic pembahasan para treveller atau khalayak ramai yang suka berwisata.Ada beberapa tempat wisata yang saat ini sedang trending topic di lampung antara lain :

 

1.Lengkung Langit

Destinasi wisata yang baru ini berada di Bandar lampung namanya adalah lengkung langit,disini kalian disuguhkan berbagai spot foto yang keren dan juga menarik.rute nya kalau kalian dari arah Tugu Adipura Bandar Lampung,bisa melewati 2 rute.

Yang pertama,melewati jalan RA.Kartini lalu jalan Imam Bonjol,Sekitar 800m setelah jalan masuk Perumahan Bukit Kemiling Permai (BKP),belok kiri ke jalan Mata Air,Ikuti saja jalan Mata Air tersebut sekitar 2,5 kilometer.Lokasi tujuan ada di sebelah kanan kalian.

Yang kedua,melewati jalan Cut Nyak Dien dan jalan H Agus Salim,melewati taman Wisata Lembah Hijau dan SDN 1 Beringin Raya di pojokan,kamu belok saja ke kanan,ke jalan Garuda.

Ikuti jalan Garuda,sampai di jalan Mata Air belok ke kiri.sekitar 850 meter,tujuan kalian ada I sebelah kanan jalan.

Dan untuk kalian tidak perlu khawatir persoalan biaya,karena untuk biaya masuk sendiri relative murah meriah cuna berkisar Rp.10.000 free softdrink.Untuk parker kendaraan mobil  Rp.5000 dan kendaraan bermotor Rp.3000.

 

2.Pegunungan Sukma Ilang

Buat kalian yang hobi tempat wisata dengan tracking di ketinggian,wisata satu ini sangat cocok untuk kalian.Sukma hilang adalah lokasi wisata untuk berkemah diatas ketinggian,lokasi ini juga sangat cocok bagi pendaki pemula,hal itu karena lokasi kemah yang tidak terlalu tinggi dan jalur lintasan sudah dilapisi dengan semen sehingga tidak licin.wisata baru ini terkenal dengan keindahan view lampu kota Bandar lampung  di malam hari nya dan juga sunrise yang muncul ke esokan pagi nya yang bisa memanjakan mata,puncak sukma ilang ini memiliki ketinggian 1200Mdpl dengan perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam dari basecamp.

Sebelumnya sukma hilang dapat ditempuh dengan sepeda motor hingga ke puncak,namun karena suatu hal sehingga para pengunjung diharuskan mendaki.Namun,jangan khawatir dalam endakian para wisatawan yang melintasi jalan setapak ini akan di suguhi berbagai  pemandangan perkebunan seperti,kebun kopi,kebun jeruk,kebun jati,kebun labusiam dan lainnya.

Waktu yang sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke wisata pegunungan ini adalah akhir pekan.Biasanya para pengunjung mendaki sejak sore dan berkemah dilokasi pada malam hari untuk melihat pesona cahaya dari ketinggian.

BACA JUGA:  Masyarakat Mendukung Obat Covid-19 Buatan Indonesia

Untuk diketahui sukma hilang ini berlokasi di Desa sungai langka,kecamatan gedong tataan,kabupaten pesawara, lampung.Tarif masuk di wisata ini Rp.5000-per orang,untuk biaya penitipan motor Rp.5000-per malam dan Rp.10.000 untuk mobil.Jika kalian tidak mau repot membawa peralatan berkemah,pengelola wisata sukma hilang juga menyediakan penyewaan beberapa alat seperti tenda plus matras Rp.50.000-per malam dan nesting plus kompor serta gas Rp.50.000-per malam.

 

3.Bukit Pematang Sunrise Bakauheni

Bukit pematang sunrise.Begitu sebagian pengunjung yang datang ke tempat wisata ini menyebut serta memberi nama lokasi tersebut.Penamaan lokasi tersebut tidak lain karena memang view lokasi yang di hadirkan berupa pemandangan matahari  yang terbit serta matahari yang akan tenggelam.

Harga tiket masuk ke bukit pematang sunrise ini masih gratis dan tanpa di pungut biaya.Hal tersebut karena memang tempat ini masih dalam pengambangan atau masih dalam tahap pembangunan dan perbaikan akses fasilitas sehingga belum dikenakan biaya masuk.

Bukit lematang sunrise sendiri berlokasi di Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni,Kabupaten Lampung Selatan,Provinsi Lampung.Akses menuju bukit Lematang Sunrise memang masih terbilang belum begitu bagus,karena nya pengunjung yang akan berwisata kesana melintasi jalan setapak dan melewati perkebunan warga setempat.

Ketika kamu berada iatas tebing atau lebih ikenal dengan batu nampang,kamu akan melihat keindahan laut selat sunda dengan pulau-pulau kecil yang didalam nya,seperti pulau rimau balak sebelah timur,pulau kandang lunik,kandang balak,pulau dua,pulau kelapa,pulau prajurit,pulau sangiang dan pulau sindu.Bukan hanya hamparan pulau kamu juga dapat melihat area perambakan dari atas tebing yang terbentang rapi membentuk persegi panjang yang tersunusun sangat rapid an sejajar.

 

4.Hutan Pinus Sumber Jaya Lam-bar

Wisata Hutan Pinus Sumber Jaya Lampung Barat, yang teretak di Sindang Pagar, Sumber Jaya, Lampung Barat. Kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata di kabupaten yang ibukota kabupatennya kota Liwa. Daerah wisata ini yang terkenal kota daerah pegunungan Bukit Barisan Selatan yang bersuhu dingin. Lampung Barat selain behawa dingin juga memiliki beberapa tempat wisata seperti: Danau Ranau, Taman nasional Bukit Barisan Selatan, Puncak Bumi Skala Beghak, Kebun Raya Liwa (KRL), Air Terjun Cengkaan, Air Terjun Mbah Gimo, Situs Megaltikum Batu Brak, Rumah Adat Lampung Barat, Lembah Sekalabrak, Bukit Bawang bakung Gerdeai, Danau Suoh dan temapt-tempat wisata lainnya. Kali ini saya akan membahas atau mengulas salah satu tempat wisata yaitu Hutan Pinus. Ada sebuah hutan pinus yang berada dekat dengan tugu ucapan selamat datang di Kabupaten Lampung Barat (dari arah kiri Bukit Kemuning).

Tegakan pohon pinus ada di samping kiri jalan.Lokasi ini sering dijadikan untuk beristirahat karena udaranya sejuk dan bahkan kalau masuk kawasan ini terasa dingin.Hampir puluhan tahun kawasan ini dibiarkan secara alami.Bahkan banyak orang membuang sampah di kawasan ini.Biasanya tumpukan sampah plastik maupun lainnya mengganggu pemandangan.Ada yang sengaja membuang sampah disana dan juga sampah dari orang yang berhenti untuk beristrahat disana dan meninggalkan sampah.Akan tetapi itu dulu, sebelum di buka menjadi tempat wisata, sekarang kawasan Pinusan Sumber Jaya Lampung Barat ini sudah tertata apik. Bersih dan tersedia beberapa spot untuk foto.

BACA JUGA:  Radikalisme Mengancam Keutuhan NKRI

 

Untuk anda yang ingin berkunjungi tempat ini tak perlu takut mengeluarkan banyak uang, karna masuk ke tempat wisata ini tidak dikenakan biaya atau gratis.Hanya ada tukang parkir yang bisa dibayar dengan seiklasnya.Seperti kita ketahui bersama, bahwa hutan pinus ini sering dikenal pinusan sumber memiliki udara dingin, bahkan saat pagi hari kabut sering menyelimuti kawasan ini. Ada banyak spot foto yang bisa digunakan untuk latar foto hanya saja pada setiap sopt foto di kenai biaya lagi sebesar Rp. 5000-,/2 orang, nanti akan ada petugas atau pengelola tempat wisata disana yang berkeliling untuk memintai tarif spot fot yang kita tempati atau kita singgahi dan berfoto. Disana lumayan agak banyak spot foto, dan disana juga tersedia warung-warung kecil atau kanting yang menjual beberapa makanan ringan atau snack dan minuman seperti fanta dan sebagainya. Wisata hutan pinus ini hanya menujukkan keindahan pohon pinus saja, strobilus atau bunga-bunga dari pinus di biarkan terhampar di bawah, hutan pinus ini sangat terasa sejuk, bersih, indah dengan pinus yang tinggi, ramah dan nyaman untuk beristirahat atau berwisata di sana. Kebanyakan orang jauh-jauh hanya ingin berfoto disana, dan penasaran dengan tempat wisata ini.

Pengelola disana membuat beberapa spots foto di antaranya:

  • Sayap burung dan hanya ada satu yang letaknya berada di tengah-tengah, Bisa saja foto dibawah pohon pinus dan melihatkan pohon pinus yang tinggi yang menjuntai ke atas langit,
  • Tempat duduk yang terbuat ranting-ranting pohon yang sudah tidak dipergunakan lagi dan tidak di manfatkan lagi.
  • Hiasan bola-bola gantung warna-warni dan payung gantung warna-warni, sehingga siapa saja yang berfoto dibawahnya jadi lebih bagus.
  • Payung dan bola-bola ditata di bawah pohon pinus, payung dan bola-bola warna-warni diikat diantara pepohonan, sehingga seperti melayang di udara.
  • Gubuk yang terbuat dari bambu dan atap terbuat dari kakababan (ijuk aren), yang di buat menyerupai rumah (gubuk) kecil. Tempat duduk dan dibelakangnya ada berbentuk pohon, yang terbuat dari bambu yang kecil-kecil yang di bentuk menyerupai pohon dan di belakang spot tersebut adalah kolam yang cukup lumayan luas, dan di dalam air tersebut terdapat ikan, seperti ikan nila.

Disini juga disediakan hammock yang bisa disewa.Bersantai sembari duduk di hammock yang diikat diantara pohon pinus juga asik, dan bisa juga foto sambil duduk, atau berbaring di atas hammock. Dengan biaya sewa sebesar Rp. 15.000-, kalau anda dari arah lampung utara bukit kemuning hawa dingin akan terasa ketika masuk ke pinusan ini. Di provinsi lampung memang jarang ada hutan pinus, kalau di pulau jawa, ada beberapa hutan pinus yang sudah dikembangkan menjadi kawasan wisata. Oleh sebab itu, bisa jadi di kemudian hari pinusan sumber ini akan menjadi salah satu spot wisata hutan pinus ini juga terdapat pos jaga kehutanan dan pos satlantasserta rumah makan. Dulu warga disana sering mengidentikan lokasi ini dengan kawasan rawan razia polisi.

BACA JUGA:  Masyarakat Harus Disiplin Protokol Kesehatan Menuju New Normal

5.Puncak Batu Bara

Puncak Bukit Batubara Linggapura. Puncak Bukit Batubara Linggapura berada di Desa Linggapura, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.Berjarak sekitar 102 km dan memerlukan 3-4 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Puncak Bukit Batubara Linggapura, merupakan puncak bukit dengan suguhan panorama yang luar biasa. Tak heran banyak anak muda yang mengunjungi Puncak Bukit Batubara Linggapura ini untuk mengabadikannya dengan berfoto.Letak keindahan pada wisata Puncak Bukit Batu Bara Linggapura adalah pada saat anda mencapai puncaknya.Untuk menuju Puncak Bukit Batubara Linggapura hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi. Berada di perbukitan juga kondisi jalan yang rusak, akan lebih baik jika menggunakan kendaraan bermotor.

Desa Linggapura, Anda masih bisa menikmati keindahan alam yang belum tersentuh dan sangat alami. Sungai-sungai yang berbatu besar dengan aliran yang tidak terlalu deras, dapat Anda singgahi sebentar sambil melepas lelah.Ada pula air terjun, yang sangat menyegarkan jika inginberenang atau berendam.Untuk mencapat Puncak Bukit Batubara Linggapura dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Saat sampai di Puncak Anda akan langsung disambut dengan pemandangan yang indah dan memanjakan mata, padang rumput yang luas dan juga bukit-bukit yang indah ada di depan mata. Tiupan angin yang sejuk membelai, menjadikan ingin berlama-lama untuk menikmati suguhan panoramanya.Pemandangan di sini sayang sekali jika tidak Anda abadikan dalam kamera.

Yang istimewa dari Bukit Batubara ini adalah suasananya seperti di hutan sabana, dengan padang rumput bersemak dengan beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar. Rumput yang tumbuh di sini bergumul-gumul, dan inilah yang menambah cantiknya suasana alam Bukit Batubara.

Penulis Tantri Nuraini
Mahasiswi semester 5 IAIN Metro Lampung.

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top