Opini

Analisis Buku Siswa SKI : Kesesuwaiaan Isi Matri Dengan Ilustrai Buku Siswa SKI keles III Madrasah Ibtidaiyah kurikulum 2013

Oleh  : Dini Sapradian

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

sejarah kebudayaan islam menurut lampiran PMA No.65. tahun 2014 yaitu: Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan catatn perkembangan perjalanaan hidup manusia muslim dari masa kemasa dalam beribadah, bermuamalah dan berakhlak serta dalam membangun sistem kehidupan atau menyebarkan ajaran islam yang dilandasi oleh Akhidah.  Adapun sejarah kebudayaan islam di Madresah Ibtidaiyah merupakan salah satu matapelajaran pai yang menelaah asl usul, perkembangan, peranan kebudayaan atu peradaban islam dan para tokoh yang berperestasi dalam sejarah islam pada masa lampau, mullai dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam,  sejarah kelahiran dan Kerasulan Nabi Muhammad SAW. Sampai dengan masa Khulafaurrasyidin. Adapun sangat penteng mempelajari sejarah kebudayaan islam yaitu untuk mengambil ibrah/hikmah (pelajaran) dari sejarah islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain, dan mengembangkan kebudayaan dan peradaban islam pada masa kini dan masa yang akan datang.

Adapun menurut Badan Standart Nasional Penerbitan, buku ajar yang berkualitas wajib mempunyai empat unsur  kelayakan, yaitu: kelayakan isi, kelayakan penyejian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegerafikan. Adapun penulis disini akan menganalisis kesesuwaian ilus isi materi dengan ilustrasi pada buku ajar Sejarah kebudayaan Islam kelas III Madrasah ibtidaiyah. Yang yang dimana ilustari pada buku sangatlah penting bagi peserta didik yang membacanya karena dengan ilustrasi yang sesuwai dengan isi materi sangatlah membantu untuk peserta didik memahami dan mengingat materi yang dibacanya. Adapun pengertian ilustari yaitu ilustrasi yaitu dari bahasa ingris yang berarti illustration  yang atrinya gambar, foto, ataupun lukisan.

BACA JUGA:  Salat Idul Adha Sebaiknya di Rumah Cegah Penularan Covid-19

Adapun hal-hal yang berkaikaitan dengan  buku siswa SKI (Sejarah kebidayaan Islam): kesesuwaiaan isi matri dengan ilustrai buku siswa SKI keles III Madrasah Ibtidaiyah kurikulum 2013 yaitu :

Pada sampul depan ada ilutrasi beberapa oarang yang sedang memainkan wayang dan alat musik tradisional, dengan judul buku Sejarah Kebudayan Islam. Menurut saya ilustrasi dengan judulnya kurang sesuwai karaena ilustrasi yang digunakan lebih menujukkan kepada Kebudayana-kebudayaan yang ada di Indonesia.

Pelajaran 1: dengan ilustrasi beberapa orang yang sedang berinteraksi denagn dua oarang budak yang tidak mengunakan baju dengan tangan kiri dan kaki kirinya dirantai menujukkan ia adalah seorang budak, deangan melayani dua orang yanag sedang minum. Dengan judulul BAB Keadaan Sosial Budaya Masyarakat Arab Pra-Islam. Ilustrasi dan judul yang ada di bab ini  sudah cukup sesuwai dengan keadaan masyarakat arab sebelum masuknya islam.

Pelajaraan 2: dengan ilustrasi beberapa oranag yang sedang menaiki onta yang sedang berjalan di padang pasir dengan membawa beberapa barang. Dengan judul Keadaan Perekonomian Masyarakat Arab Pra-islam. Ilustrasi pada bab ini sudah sesuwai. Dengan kedaan perekonomian padasaat itu.

BACA JUGA:  Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan saat Pilkada

Pelajaran 3: dengan ilustrasi beberapa orang yang sedang menyembah patung denagan membawa bebrapa esembahan seperti kepala sapai. Dengan judul bab Agama Dan Kpepercayaan masyarakat Arab Pra-Islam. Ilustarai yang di gunakan pada bab ini sudah sesuwai dengan judul bab. Menujukkan bahwa sebelum masuknya islam ke Arab mereka menyembah berhala.

Pelajaran 4: dengan ilustrasi beberapa burung yang sedang menyerang beberapa gajah dan pjajurit-perajurit. Dengan Judul Masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW.  Ilustrasi pada bab ini sudah sesuwai dengan judul. Karena pada saat itu Rasulullah lahir bertepatan dengan kegagalan pasukan gajah menghancurkan Ka’bah.

Pelajana 5: dengan ilustrasi seseorang dan tulisan Muhammad sedang mengembala domba. Dengan judul bab Masa muda Nabi Muhammad SAW. Ilustrai yang ada pada bab ini sudah sesuwai dengan dengan judul bab. Karena pada masa muda Nabai adalah pengembala.

Pelajaran 6: dengan ilustrasi beberapa oarang yang sedang malakukan interaksi, menimbang, memikul, dan ada mobil. Dengan judul Masa Dewasa Muhammad SAW. Menurut saya ilustrasi pada bab ini kurang sesuwai dengan judul bab, kerena pada masa nabi muhammad SAW muda belum terdapat mobil.

BACA JUGA:  Masyarakat Harus Disiplin Protokol Kesehatan Menuju New Normal

Pelajaran 7:  dengan ilutrasi kitab Al-Qur’an diatas bumi dengan judul bab Bukti-Bukti Kerasulan Nabi Muhammad SAW. Ilustrasi pada bab ini sudah sesuwai dengan judul pada bab ini.

Pelajaran 8. Ilustrasi pada bab ini para jamaah yang sedang melaksanakan ibadah haji di makah. Dengan judul bab memahami peristiwa Kerasulan Nabi Muhammad SAW.  Pada bab ini ilustrasi yang digunakan sudah sesuwai dengan

Keimpulan

Pada Analisis buku siswa SKI (Sejarah kebidayaan Islam)  buku siswa SKI keles III Madrasah Ibtidaiyah kurikulum 2013 memiliki masih terdapat beberapa tidak kesesuwaian antara judul bab dan isi materi seperti pada sampul buku dengan ilustrasi lebih menujukkan kepada sejarah kebudayaan indonesia dan pada  pelajaran ke 6 disana terdapat ilustrasi mobil sedangkan pada saat itu belum terdapat mobil.

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top