Lampung Sai

Muliakan ibumu insyaallah Tuhan memuliakan hidupmu

“Muliakan ibumu, Insyaallah Tuhan memuliakan hidupmu”

Demikianlah salah satu kutipan kalimat yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mesuji Syamsudin S.Sos saat berbincang santai dengan media koran ini di kediamanya Desa Gedung Ram Tanjung Raya, Mesuji.

.

“Hidup ini singkat, tidak akan habis keinginan kita untuk mengejar duniawi. Untuk itu simpel aja: muliakan ibu kita, udah itu aja. Tuhan akan pastikan hidupmu dengan cara yang mungkin tidak terbersit dalam pikiran kita,” ucap pria kelahiran Padang Lawi, yang sekarang menjadi kabupaten seluma  Bengkulu selatan, Sabtu (13/06).

.

Syamsudin memang sosok penyayang kepada orang tua, terutama kepada ibu kandungnya yang kini telah memasuki usia senja.

.

Ia meniti karirnya sebagai aparatur sipil negara, mulai dari jabatan Kasi pada Dinas Sosial Pemkab Tulang Bawang sekitar tahun 2001.

BACA JUGA:  Gubernur Ridho Ajak Pemuda Jadi Pelopor Pelestarian Lingkungan

.

Jebolan Fakultas Ilmu Administrasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik ini kemudian berpindah posisi menjadi Sekretaris Kecamatan di Way Serdang, Mesuji yang saat itu juga masih dalam lingkup pemerintahan kabupaten Tulangbawang.

.

Alumni Ilmu Biologi SMA Negeri Pagar Dewa Bengkulu ini memang dikenal mudah bergaul serta tidak berjarak dengan siapapun, seperti yang diceritakan Iwan Setiawan, SE, MM, bahwa kisaran tahun 2007, Syamsudin mendapat dukungan besar dari para tokoh masyarakat Wayserdang untuk diposisikan menjadi Camat Wayserdang.

.

“Saya masih terbayang pada saat tokoh masyarakat Wayserdang menghadap Pak Mance agar Sekcam Way Serdang Syamsudin, S.Sos segera diangkat menjadi Camat Wayserdang,” ujar Iwan.

.

Iwan ingat betul tokoh masyatakat yang menemua Mance kala itu, yakni Andi Gunawan, Rolli Abdullah, Iwan Setiawan, Basri, Jaenuri Syamsudin Guru dll.

.

“Tokoh masyarakat tersebut menilai beliau sangat cakap dan pantas memjadi Camat Wayserdang. Alhamdulillah, pak bupati tak berpikir dua, alias langsung setuju,” jelas Iwan.

BACA JUGA:  Polda Lampung Lakukan Mutasi Besar-Besaran, 329 Personil Dipindahtugaskan

.

Setelah sukses menjadi camat, Syamsudin bertugas menjadi Kadis PMD, Kadis Pendidikan, dan sekarang menjadi Sekdakab Mesuji.

.

“Karier ASN yang sangat luar biasa. Inikah rahasia dibalik puasa senin kamis yang sering beliau amalkan, selamat ya pak, ” tulis anggota DPRD Mesuji ini dalam sebuah komentar di facebook.

.

Bukan hanya tergolong pejabat berdedikasi tinggi, Syamsudin juga dikenal loyal dan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Itulah sebabnya kariernya terus menanjak, mulus tanpa ada masalah.

BACA JUGA:  Gubernur se-Sumatera Dukung Lampung Ibu Kota Pusat Pemerintahan RI

.

Ia menjadi camat selama 6 tahun hingga akhirnya Mesuji menjadi daerah otonom. Setelah itu ia menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Mesuji sampai awal tahun 2011.

.

Ayah dua anak yang hingga kini rajin berpuasa senin dan kamis ini juga pernah menjabat Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa sejak tahun 2011 hingga pada Januari 2013 Syamsudin dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan.

.

Sekarang, suami dari wanita bernama Chosiatun tersebut menjabat sabagai Sekretaris Daerah Pemkab Mesuji. Ia dilantik oleh Bupati Mesuji H Saply Th pada Kamis, 04 Mei 2020 menggantikan Drs. Edison Basit Habibi M.Si. (*)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top