Ekonomi

Anjloknya Harga Getah Karet

Way Kanan, www.lampungmediaonline.com Pohon karet mudah tumbuh dan berkembang di daerah tropis, salah satunya di Negara Indonesia. Dari pohon karet ini biasanya akan dihasilkan getah karet. Getah karet merupakan bahan baku utama dalam pembuatan produk sintetis.

Di Provinsi Lampung Kabupaten Way Kanan, Kecamatan Pakuan Ratu Kampung Bumi Mulya, banyak petani yang bekerja sebagai penyadap getah karet. Sekitar tahun 2011 harga getah karet mencapai 20.000/kilogram, namun seiring berjalannya waktu harga getah karet justru mengalami penurunan yang sangat drastis. Hingga kini Juni 2020 harga getah karet hanya mencapai 6.200/kilogram. Hal ini tentunya membuat para petani menjerit karena harga jual getah karet yang tidak sesuai dengan biaya produksi, terlebih saat ini biaya hidup semakin tinggi.

BACA JUGA:  TDM Sidorejo Gelar Lomba Fashion Show Anak

Menurut Irul (35) “Menurunnya harga getah karet yang mencapai 6.200/kilogram tentunya membuat para petani mulai kebingungan untuk membagi penghasilanya agar dapat mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Bahkan dengan adanya wabah virus COVID-19 ini makin sulit untuk mencari penghasilan tambahan. Sedangkan penghasilan yang kami dapatkan dari getah karet tidak sesuai”

Para petani pun berharap melalui Pemerintah Daerah setempat agar dapat menyampaikan keluhan mereka  kepada Pemerintah pusat agar dapat menaikan harga getah karet.

BACA JUGA:  Memaksimalkan Kerja Jarak Jauh: Tips memilih monitor yang tepat untuk bekerja dari rumah

 

Penulis : Feni Astriyani/ Mahasiswa IAIN Metro Lampung

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top