Pendidikan

NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN

Judul Buku  :  PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Penulis             : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto. S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.Ap., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.

Penyunting      : Hayat dan H. Suratman

Editor              : Salsabila Kirana Putri

Penerbit          : Baskara Media

Cetakan           : Pertama, Juli 2018

Tebal Buku      : xii + 382 halaman

ISBN                 : 978-602-50306-7-3

Pentingnya pendidikan pancasila bagi generasi muda. Semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa akan pentingnya pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Di kalangan pelajar dan mahasiswa, minimnya pengamalan nilai-nilai pancasila menjadi cikal bakal merebaknya aliran-aliran ekstrimisme yang berakibat pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pendidikan pancasila perlu di ajarkan di perguruan tinggi sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat dan menjadi kunci dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang. Melalui pengajaran pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, diharapkan mampu memberikan implikasi positif bagi kehidupan masyarakat yang lebih baik dengan meningkatnya pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan utama dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pengamalan nilai-nilai pancasila yang baik dapat memperkokoh tumbuh kembangnya masyarakat yang berkarakter. Oleh karena itu, pendidikan pancasila menjadi sumber ideologi bangsa yang wajib terus di sampaikan, di amalkan dan di aktualisasi kan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Buku yang berjudul “PENDIDIKAN PANCASILA” terdiri dari 382 halaman dan 11 bab. Di dalamnya membahas tentang (1) Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia khususnya peran dari tokoh-tokoh ulama, (2) kedudukan dan fungsi Pancasila, (3) Pancasila sebagai ideologi Negara, (4) Pancasila sebagai sistem filsafat, (5) Pancasila sebagai etika politik, (6) nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, (7) berbangsa dan bernegara, (8) Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, (10) hubungan agama dan Pancasila. Kemudian di bahas pula mengenai hubungan Pancasila dengan UUD 1945, serta sistem pemerintahan di Indonesia. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan di dalam buku pendidikan pancasila ini selain memuat nilai-nilai pancasila juga menampilkan identitas ke NU-an yang mempunyai karakter sendiri bagi UNISMA sebagai perguruan tinggi NU terbesar.

Bahan ajar tersebut disusun dalam rangka untuk memperkuat wahana pendidikan karakter bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mampu mengantarkan naluri mahasiswa bersikap adaptif, kompetitif, dan menjadi lulusan yang cinta tanah air, siap bela negara, serta mampu meningkatkan jati diri bangsanya. Dan di harapkan mahasiswa dapat mengambil sikap sesuai dengan hati nuraninya, mengenali masalah hidup terutama kehidupan rakyat, mengenali perubahan serta mampu memaknai peristiwa sejarah, nilai-nilai budaya demi persatuan bangsa.

Kelebihan buku ini adalah desain cover nya yang sangat menarik dan desain di dalam buku nya juga sangat bagus yang membuat pembaca menjadi nyaman untuk membaca buku ini.

Kekurangan buku ini adalah masih banyak pengejaan kata yang salah dan ada halaman buku yang terbalik, perlu di perhatikan kembali.

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top