Pendidikan

Pendidikan Pancasila Oleh Lilin Isma

Identitas Buku

Judul Buku                  : Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi

Penyunting                  : Hayat dan H Suratman

Penulis                         : M.Taufik , S.H.,M.H.,Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H.,                                 Prof. Dr. Drs. Yakub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H.,                                    M.H., Dr. Suratman, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum.,                                          Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono,                                  M.P.

Cetakan                       : Cetakan Pertama

Penerbit                       : Baskara Media

Tahun Terbit                : 2018

Jumlah Halaman         : xii+382 halaman

Resensi Buku

Pancasila merupan pemersatu bangsa seperti pada semboyannya  yang terdapat pada kitab sutasoma “ Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Magrua” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua adanya sebab tidak ada agama yang memiliki tuhan yang berbeda. Dalam hal ini menggambarkan bahwa cikal bakal Pancasila sudah ada pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia. Kemudian dilanjutkan oleh para tokoh dan para ulama yang merumuskan Pancasila yang awalnya dari beberapa pemikiran dari para tokoh ,kemudian di jadikan satu pemikiran yaitu tercipta lima sila pada Pancasila sesuai dengan tujuan dan cita-cita bangsa. Dan pengertian Pancasila secara umum adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi serta mencerminkan kepribadian bangsa. Pancasila merupakan kesepakatan bersama bangsa Indonesia yang mementingkan semua komponen dari Sabang sampai Merauke.

Pancasila sebagai ideologi. Dalam hal ini Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara bersifat terbuka dan memiliki ciri menyeluruh yaitu tidak berpihak pada golongan tertentu bahkan ideologi Pancasila yang dikembangkan dari nilai-nilai yang ada pada realitas bangsa Indonesia itu mampu mengkomodasi berbagai idealisme yang berkembang dalam masyarakat yang bersifat majemuk tersebut. Pancasila sebagai pembanding ideologi dari ideologi-ideologi lainnya. Karena ideologi Pancasila memiliki sifat kodrat manusia sebagai makhluk hidup dan makhluk sosial. Kebebasan manusia dalam rangka demokrasi tidak melampaui hakikat nilai-nilai ketuhanan , bahkan nilai ketuhanan terjelma dalam bentuk moral dalam ekspresi kebebasan manusia. Pancasila sebagai pedoman negara karena di dalam sila-sila Pancasila terkandung nilai-nilai moral patut di jadikan pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai sistem filsafat . Sila-sila pada filsafat yang merupakan sistem filsafat pada hakikatnya merupakan suatu kesatuan organis. Artinya, antara sila-sila Pancasila itu saling berkaitan, saling berhubungan bahkan saling mengkualifikasi. Pancasila sebagai etika politik yaitu dalam Pancasila mengandung nilai-nilai dan norma-norma  yang universal serta dapat diterima di masyarakat. a

Adapun fungsi lainnya daripada Pancasila adalah Paradigma kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara , Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila yang patut kita ketahui yaitu pada

Sila 1 Ketuhanan yang maha esa yang artinya setiap warga Indonesia bertuhan dan menyembah Tuhan menurut agama dan keyakinan masing-masing .

Sila 2 Kemanusiaan yang adil dan beradab yang artinya keberadaan hak-hak asasi manusia diakui dan dihargai serta dijunjung tinggi.

Sila 3 Persatuan Indonesia artinya adanya keberagan atau perbedaan yang beraneka ragam jadi satu kebulatan.

Sila 4 Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan artinya kedaulatan dan kekuasaan tertinggi dalam negara adalah rakyat, rakyatlah yang berdaulat pemegang kekuasaan.

Sila 5 Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia yang artinya keadilan yang berlaku di masyarakat adalah keadilan di segala bidang kehidupan baik material maupun spiritual bagi seluruh rakyat Indonesia.

Maka dari itu pendidikan Pancasila sebagai salah satu mata kuliah wajib di perguruan tinggi karena baik buruknya bangsa ke depan , adalah sangat bergantung pada kegigihan  dan kesungguhan komitmen generasi saat ini untuk menemukan kembali jatidiri bangsa melalui penanaman nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara.

 

Kelebihan Buku

Buku ini menjelaskan dengan detail tentang Pancasila dan sejarahnya.

-Buku ini tidak begitu banyak menggunakan  istilah dan cocok untuk bahan pembelajaran.

-Mahasiswa wajib membaca buku ini karena penjelasan mengenai nilai nilai mengenai Pancasila sangat jelas.

Kekurangan Buku

Penjelasannya terlalu bertele-tele.

-Ada beberapa istilah yang sulit dipahami.

 

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top