Geliat Lamsel

PEMBUATAN KTP, KK Dan AKTE di DESA SUKAMAJU Kecamatan Way Sulan Di Duga Di Jadikan Ajang Pungli

Lampung Selatan. Www.lampungmediaonline.com Program identitas KTP, KK dan akte adalah salah satu program pemerintah baik pusat maupun Daerah yang mana dalam Pelaksanaan nya pemerintah telah membuat Regulasi dalam pelaksanaan nya yaitu Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, di jelaskan dalam peraturan ini Bahwa Penerbitan KK, KTP dan AKTE tidak di pungut biaya alias GRATIS.

Rupanya hal tersebut Tidak Berlaku di Desa Sukamaju Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan, gimana tidak dalam Program disdukcapil Yang melakukan perekaman dan percetakan di Desa Sukamaju Kecamatan Way Sulan pada hari Rabu 02 Oktober 2019 tersebut di duga di manfaatkan oleh Aparat desa untuk mengambil keuntungan, yang mana peserta di kenakan biaya Sebesar Rp 20.000/surat.

Saudara SUMAR selaku kepala dusun 5 Desa Sukamaju membenarkan ada nya Pungutan tersebut,pungutan tersebut di lakukan Oleh Staf desa yang mana uang tersebut di peruntukan Rp 10.000 untuk Disdukcapil dan Rp 10.000 untuk konsumsi aparat desa, lanjut Sumar dana tersebut di serahkan kepada saudara abdul Wajid selaku kaur Umum di Desa Tersebut Atas perintah Sekretaris desa Saudara Hamdan.

Di saat di konfirmasi sekretaris desa Sukamaju Sdr, Hamdan Membenarkan atas Penarikan biaya Rp 20.000 dalam pembuatan KK, KTP dan Akte pada tanggal 02 Oktober yang lalu, lanjut Hamdan Penarikan tersebut di lakukan Atas Persetujuan Bapak Kepala Desa yaitu Bpk, Ma’ani dan pihak Kecamatan Way Sulan,

Di saat di konfirmasi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung selatan Drs. EDY FIRMANDI, M. Si Membenarkan ada Staf nya yang menerima uang sebesar Rp 500.000 yang di berikan staf kecamatan Way Sulan Saudara JOJO kepada staf Disdukcapil yang bertugas pada saat itu, Staf kita tidak tau uang tersebut sumber nya dari mana,tutur Kadis Disdukcapil

Sampai saat berita ini di terbitkan kepala Desa Sukamaju Ma’ani blm bisa di Hubungi.( Rian/Dicky)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top