Pendidikan

Mengenal Pancasila oleh Oktavia Eka Purnama Indah

Judul Buku : PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr.Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartno, M.P.
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Penerbit : Baskara Media
Cetakan : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku : xxii + 382 halaman

Sinopsis Buku :
Pancasila sebagai ideologi negara merupakan kristalisasi nilai-nilai budaya dan agama dari bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia mengakomodir seluruh aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, demikian pula halnya dalam aktivitas ilmiah. Oleh karena itu, perumusan Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi aktivitas ilmiah di Indonesia merupakan sesuatu yang terlepas dari nilai ideologi bangsa justru dapat mengakibatkan sekuralisme, seperti yag terjadi pada zaman Renaiisance di Eropa. Bangsa Indonesia memiliki akar budaya dan religi yang kuat dan tumbuh sejak lama dalam kehidupan masyarakat sehingga manakala perkembangan ilmu tidak berakar pada ideologi bangsa, sama halnya dengan membiarkan ilmu berkembang tanpa arah dan orientasi yang jelas.
Maka dari itu, di dalam buku ini akan ditemukan berbagai pemaparan mengenai Pancasila dalam mengatur kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. Mulai dari Pancasila dalam lintas sejarah, kemudian perkembangan dari Pancasila. Dijabarkan pula mengenai Pancasila sebagai ideologi bangsa, sistem filsafat, etika politik. Adapula hubungan Pancasila dengan agama dan yang pastinya membahas mengenai Pancasila sebagai paradigma kehidupan masyarakat indonesia dan menjadi dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dikalangan pelajar dan mahasiswa,minimnya pengamalan nilai-nilai Pancasila menjadi cikal bakal munculnya aliran-aliran ekstremisme yang berakibat pada tindakan radikalisme yang mampu merusak bangsa. Oleh karena itu, pendidikan Pancasila perlu diajarkan di perguruan tinggi sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik dan menjadi kunci dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila.

Kelebihan Buku
Buku ini mampu memberikan informasi berbagai hal yang berkaitan tentang Pancasila untuk kehidupan sehari-hari.
Buku ini memiliki pembahasan yang singkat namun sangat mudah dipahami.
Buku ini juga ditulis berdasarkan dengan gagasan yang dapat dipercaya seperti diambil dari kutipan buku lain.
Disetiap buku juga terdapat kutipan darimana materi yang disampaikan diambil. Jadi terjamin kebenarannya bukan merupakan pendapat sepihak saja.
Kekurangan Buku
Banyak sekali kesalahan dalam penulisan ejaan kata yang membuat tidak nyaman saat membaca.
Masih terdapat kata-kata yang mungkin sulit dimengerti oleh kalangan pelajar.
Buku ini tidak dapat ditemukan di book store manapun selain di book store Universitas Islam Malang. Hal ini disayangkan karena seharusnya buku ini bisa diperjual belikan di luar agar mahasiswa lain bisa mempelajari isinya.

Nama : Oktavia Eka Purnama Indah
NPM : 21901092135
Kelas : Ilmu Administrasi Bisnis D
Universitas Islam Malang

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top