Lampung Sai

Tingkatan Kualitas Data Surveilens Gizi, Dinkes lampung Gelar Orientasi Pemutakhiran Data

Bandar Lampung, www.lampungmediaonline.com – Status gizi merupakan salah satu indikator yang menentukan kualitas Sumber Daya Manusia sehingga ditetapkan sebagai salah satu sasaran dan target RPJMN bidang kesehatan 2015-2019, yaitu menurunkan prevalensi balita gizi kurang dan prevalensi balita pendek.

Untuk mengetahui perubahan indikator kinerja kegiatan perbaikan gizi secara cepat, akurat, teratur dan berkelanjutan, maka pelaksanaan surveilans gizi menjadi sangat penting memberikan gambaran capaian kinerja antar waktu.

Mengingat pentingnya pemenuhan informasi status gizi berdasarkan individu untuk kebutuhan intervensi maka diperlukan penguatan surveilans gizi melalui kegiatan pemantauan status gizi secara rutin dengan menggunakan pencatatan dan pelaporan gizi by name by address.

Pencatatan dan pelaporan by name by address dituangkan dalam bentuk aplikasi online yaitu e-PPGBM (Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat), yang juga telah terintegrasi dengan PIS-PK (Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga). Apabila ditemukan balita yang mempunyai masalah gizi dari hasil kunjungan rumah dalam kegiatan PIS-PK maupun informasi status gizi balita by name by address dari e-PPGBM, maka akan ditindaklanjuti bersama lintas program dan lintas sektor dengan melakukan investigasi ke rumah balita bersangkutan untuk mengetahui faktor penyebab masalah gizi pada balita, seperti masalah akses air bersih, kepemilikan jamban sehat, status ekonomi, pola asuh dan lain sebagainya.

Dalam rangka peningkatan kualitas data surveilens gizi, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan Orientasi Pemutakhiran Data Surveilans Gizi Tingkat Provinsi Lampung. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 – 26 Juni 2019 di Hotel Emersia Bandar Lampung, yang dihadiri oleh seluruh tenaga pengelola gizi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan tenaga pengelola gizi Puskesmas.

Pada pembukaan kegiatan tersebut, Kadinkes Provinsi Lampung berharap peserta dapat mengoptimalkan pengentrian data melalui e-PPGBM agar kegiatan Surveilans dapat berjalan sebagai mana mestinya.(lis)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top