politik

Hendro Priyono Bertanggung Jawab AtasTragedi Talangsari Lampung 1989


BANDAR LAMPUNG www.lampungmediaonline.com – Jurnalis investigasi asal Amerika Serikat Allan Nairn mengatakan bahwa mantan komandan Korem 043 AM Hendro Priyono adalah orang yang bertanggung jawab terhadap peristiwa pembantaian jama’ah pondok pesantren Anwar Warsidi di Dukuh Cihideng Lampung tahun 1989.

” Hendro Priyono berkata kepada saya bahwa dia bertanggung jawab secara komando saat terjadinya peristiwa Talangsari tahun 1989 ” Ujarnya saat menyampaikan paparanya di diskusi 30 Tahun peristiwa Talangsari di Kantor LBH Bandar Lampung, Jum’at 08/02/2019.

Allan menjelaskan saat melakukan wawancara dengan mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dimasa kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mendapatkan pengakuan yang sangat mengejutkan.

” Pak Hendro mengatakan bahwa orang orang Talangsari itu melakukan bunuh diri dengan membakar rumah dan gubuk mereka” kata Allan.

Lanjut Allan, Hendro Priyono juga mengaku siap diadili atas peristiwa yang memakan korban jiwa hingga ratusan itu.

Sementara itu Sakurayati salahsatu dewan penasehat YLBHI membenarkan bahwa saat peristiwa pembantaian jamaah Talangsari saat itu yang menjabat komandan korem 043 Garuda Hitam adalah Letkol AM Hendro Priyono,

” pada saat itu saya masih direktur LBH Palembang dan di minta oleh YLBHI untuk mendampingi Jamaah Talangsari yang dituduh melakukan tindakan subersive, dan saat itu yang menjabat komandan Korem adalah AM Hendro Priyono, namun baru beberapa hari kami di Lampung pak Hendro digantikan oleh Pak Agum Gumelar” Ujarnya. (*)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top