Geliat Lamtim

Warga Minta KPK Usut Pemberian Izin Tambang Pasir Laut di Sekopong Lampung Timur


Lampung Timur www.lampungmediaonline.com – ratusan nelayan pesisir pantai lampung timur menghadiri pertemuan yang di inisiasi oleh Himpunan Seluruh nelayan Indonesia (HSNI) Lampung Timur terkait adanya dugaan penyedotan pasir laut di wilayah pulau sekopong dan taman nasional Way Kambas Lampung Timur oleh PT. Sejati 555 Sampurna Nuswantara, Rabu 05 desember 2018.

Pertemuan dilakukan dibalai Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai, selain ratusan warga dan nelayan dari enam Desa yang ada di pantai pesisir timur hadir pula Kepala Desa Margasari wahyu jaya,  ketua HNSI Bayu Witara serta pihak keamanan dari Polri, Pol Airut, AL (angkatan laut).

Kepala Desa Margasari dalam pertemuan itu menanyakan sekaligus menegaskan kepada masyarakat apakah mereka telah sepakat untuk menolak adanya penyedotan pasir di laut mereka,  dan apakah keputusan Itu akan tetap komitmen bila ada kontribusi dari pihak perusahaan kepada mereka.

Selanjutnya ketua HNSI bayu witara menyatakan bahwa dirinya adalah pelayan bagi nelayan, sebaliknya nelayan adalah raja bagi dirinya,  jadi dia mendukung dan menolak dengan tegas adanya penyedotan pasir di wilayah pesisir pantai Lampung Timur, 

“saya adalah pelayan bagi bapak-bapak dan ibu-ibu nelayan, dan bapak ibu sekalian adalah raja bagi saya,  saya secara tegas dengan harga mati telah sepakat dengan para nelayan untuk menolak adanya penyedotan pasir di wilayah pesisir pantai Lampung Timur karna itu adalah warisan untuk anak cucu kita”.

Wapi salah satu tokoh masyarakat yang mewakili para nelayan menyatakan seluruh masyarakat dan nelayan tetap menolak eksploitasi pasir laut karena itu akan merusak lingkungan dan biota laut.

“kami menolak apapun resikonya, termasuk ada iming iming kompensasi kami tetap menolak adanya tambang pasir, ini sudah harga mati” ujarnya

Wapi meminta kepada semua pihak untuk membantu melaporkan terkait perizinan PT Sejati 555 Sampurna Nuswantara ke KPK agar dapat di usut.

“saya meminta kepada semua pihak terkait yang berada di sini untuk membantu melaporkan kepada KPK terkait perizinan penyedotan pasir itu, saya disini bukan mengatas namakan pribadi saya, namun saya mewakili para nelayan di sini,  khusus nya kepada bapak Bayu Witara selaku ketua HNSI agar berada di depan dan menjadi wakil utama mereka untuk mengusut perizinan penyedotan pasir itu ke KPK karna pasti ada oknun yang bermain di dalam nya” tegasnya.

Diketahui pada Rabu 28/11 masyarakat pesisir pantai timur diresahkan adanya kapal tongkang di wilayah perairan pulau sekopong yang hendak melakukan penyedotan pasir laut. Nelayan kemudian beramai ramai hendak mengusir kapal tongkang yang di duga milik PT. Sejati 555 Sampurna Nuswantara. Namun saat nelayan turun ke laut hendak menghalau, kapal tongkang yang di maksud sudah lebih dulu pergi dari perairan pulau sekopong Lampung Timur. (Edi)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top